Yang harus dihindari saat mengungkep ayam agar empuk dan gurih

cara mengungkep ayam agar tidak alot dan lezat
Foto: freepik

Untuk mempermudah dan mempercepat proses memasak ayam goreng, biasanya ayam diungkep terlebih dahulu selama beberapa saat. Proses ungkep ini pun membuat ayam jadi lebih empuk dan bumbunya meresap hingga ke dalam daging.

Namun sayang jika cara ungkep tersebut kurang tepat, alih-alih membuat ayam jadi empuk dan gurih, yang ada malah membuat ayam jadi alot. Nah untuk menghindarinya, ada beberapa kesalahan yang harus dihindari saat mengungkep ayam agar hasilnya empuk dan gurih.

Jumlah air tidak pas

Ada yang menyangka kalau semakin banyak air yang digunakan untuk mengungkep ayam, maka ayam akan jadi lebih empuk? Nyatanya ternyata jumlah air yang terlalu banyak dapat membuat proses memasak ayam jadi lebih lama dan daging ayam jadi alot. Karena itu saat akan mengungkep ayam, sebaiknya gunakan jumlah air yang pas dengan membuat daging ayam terendam air.

Namun untuk mengungkep ayam kampung, ada baiknya menggunakan lebih banyak air mengingat ayam kampung butuh waktu lebih lama untuk mengempukkan daging.

Tak memperhatikan waktu

Waktu merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan saat mengungkep ayam. Terlalu lama mengungkep ayam bukannya membuat ayam jadi lebih lezat dan empuk, namun justru akan membuat tekstur alami ayam yang lembut jadi hilang sehingga akan membuat daging ayam terasa alot.

Mengungkep ayam tanpa dipotong-potong

Sah-sah saja mengungkep ayam dalam kondisi utuh atau sudah dipotong-potong. Tapi bumbu yang digunakan untuk mengungkep ayam utuh, akan lebih susah meresap ke bagian dalam daging ayam. Berbeda dengan ayam yang diungkep dalam keadaan sudah dipotong-potong, bumbunya akan lebih mudah meresap dengan sempurna.

tips mengungkep ayam agar tidak alot dan empuk
Foto: freepik/alenor8

Baca juga: Butuh trik agar daging paha ayam tidak alot, intip caranya di sini

Hindari menggunakan api yang terlalu besar

Proses memasak ayam dengan api kecil memang terkesan membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding memasak ayam menggunakan api besar. Tapi cara tersebut justru yang lebih tepat untuk membuat ayam lebih empuk dan gurih. Karena menggunakan api besar hanya akan merusak tekstur dan rasa ayam.

kesalahan mengungkep ayam yang harus dihindari
Foto: freepik/yuliyafurman

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

agar masakan tidak langu

Membuat makanan yang lezat, tanpa kesan bau tak sedap dari bumbu

cara menyimpan kaldu bubuk agar tidak menggumpal

Kaldu bubuk tak menggumpal meski disimpan lama, ini yang harus dilakukan