Wajan Sering Lengket Untuk Menggoreng, Ini Cara Menghindarinya

wajan agar tak lengket
Foto: realsimple.com

Sering kali kita mengolah masakan dengan cara menggorengnya. Tapi sayangnya masakan yang digoreng punya risiko menempel atau lengket pada alat penggorengannya. Untuk menyiasatinya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindarinya. Apa saja?

Pisahkan Wajan Sesuai Penggunaan

Meski kegunaan utamanya untuk menggoreng, tapi wajan juga sering digunakan untuk memasak berbagai menu masakan. Misalnya untuk menumis, memasak opor atau bahkan untuk merebus. Karena itu ada baiknya wajan dipisah-pisahkan sesuai dengan penggunaannya.

Gunakan Wajan Berdasarkan Kategori

Bagi penggunaan wajan berdasarkan dua kategori. Yaitu kategori basah dan kategori wajan kering. Di mana wajan kering merupakan wajan yang hanya digunakan untuk menggoreng. Sedangkan wajan dengan kategori basah adalah wajan yang bisa digunakan untuk keperluan lainnya, seperti untuk menumis, merebus atau bahkan memasak makanan yang perlu diungkep.

cara merawat penggorengan
Foto: theletteredcottage.net

Pastikan Sudah Mencuci Wajan Dengan Benar-Benar Bersih

Jika setelah digunakan wajan tidak dicuci sampai benar-benar bersih, saat penggunaan berikutnya wajan jadi akan lengket. Karena itu pastikan wajan dicuci bersih. Kamu bisa gunakan bagian kasar sponge pencuci piring atau alat pencuci khusus untuk panci dan wajan demi memastikan sisa-sisa masakan serta kotoran pada wajan telah benar-benar bersih.

Baca Juga: Jangan Lakukan Ini Supaya Proses Masakmu Lebih Cepat Selesai

Keringkan Wajan Sebelum Digunakan

Setelah dicuci, jangan buru-buru menggunakan wajan saat kondisinya masih basah. Pasalnya selain mengganggu proses penggorengan, saat sisa-sisa air tersebut tercampur dengan minyak, juga akan menghasilkan percikan-percikan minyak.

penggorengan anti lengket
Foto: cookinglight.com

Sebelum Digunakan, Oleskan Minyak Pada Penggorengan

Demi memastikan wajan tidak lengket saat digunakan untuk menggoreng, oleskan minyak secara merata pada wajan kemudian panaskan. Setelah itu matikan api dan tuangkan minyak untuk menggoreng. Dengan begitu wajan akan terbiasa dengan minyak dan wajan jadi tidak lengket saat digunakan menggoreng.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

kesalahan saat memasak

Jangan Lakukan Ini Supaya Proses Masakmu Lebih Cepat Selesai

ilustrasi makanan favorit bj habibie

Ternyata Ini Lho Makanan Favorit BJ Habibie