Wah, ternyata jagung juga punya banyak sekali manfaat bagi kesehatan

manfaat jagung untuk kesehatan tubuh
Foto: freepik/jcomp

Jagung menjadi salah satu jenis pangan yang istimewa. Pasalnya bukan hanya dapat menjadi makanan utama pengganti nasi, jagung juga bisa dijadikan bahan untuk cemilan yang enak dan bergizi. Salah satu yang paling mudah dan banyak diminati misalnya adalah jagung rebus.

Dengan banyaknya hidangan yang dapat disajikan menggunakan jagung, apa sebenarnya jagung memiliki kandungan yang bagus untuk tubuh? Apa saja kandungan tersebut dan manfaatnya bagi tubuh?

Jagung termasuk salah satu makanan tepat untuk ibu hamil

Jagung merupakan makanan yang tinggi serat, sehingga dapat membantu mengatasi sembelit yang biasanya kerap dialami oleh ibu hamil. Selain itu, jagung juga memiliki kandungan asam folat, asam patogen serta zeaxanthin yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Sehingga dapat mengurangi risiko bayi terlahir cacat atau kekurangan nutrisi lainnya.

Membantu menjaga kesehatan mata

Kandungan zeaxanthin serta lutein yang terdapat di dalam jagung, juga merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh mata untuk membantu mengurangi risiko kemungkinan kerusakan pada sel mata. Sehingga kesehatan mata pun lebih terjaga.

Menjadi sumber energi yang baik untuk tubuh

Jagung tak jarang dijadikan sebagai makanan pengganti nasi, karena termasuk salah satu makanan yang memiliki jenis kandungan karbohidrat kompleks. Selain dapat memberi rasa kenyang yang cukup lama, jagung juga dapat menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh.

manfaat jagung untuk tubuh
Foto: freepik

Baca juga: Cukup populer di Indonesia, sebenarnya apa ada manfaat mengonsumsi tahu?

Menurunkan kadar kolesterol dan gula darah

Merupakan makanan yang tinggi serat, jagung juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, jagung juga berkhasiat dalam membantu mengatur insulin dan mengurangi penyerapan kadar kolesterol dalam tubuh. Kadar gula darah di dalam tubuh pun berkurang sehingga jagung merupakan makanan yang bagus untuk penderita diabetes dan kolesterol.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

lontong roomo khas gresik

Yang bikin Lontong Roomo, makanan unik khas Gresik terasa istimewa di lidah

manfaat mengonsumsi kacang tanah

Manfaat kacang tanah, camilan sejuta umat yang selalu sukses cairkan suasana