Trik menyiapkan jajanan di rumah, agar anak tak tergoda beli jajanan di luar

trik agar anak suka makan makanan di rumah
Foto: freepik/bondarenko-rimma

Namanya anak-anak, biasanya gampang-gampang susah untuk makan makanan rumah. Tak jarang, mereka lebih tertarik untuk beli jajanan di luar. Padahal sebagai orang tua, tentu biasanya ingin memberi makanan sehat sesuai kebutuhan mereka.

Padahal agar anak suka makan makanan di rumah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Nah, seperti apa cara menyiasatinya?

Mengajak anak untuk ikut masak bersama

Anak-anak biasanya suka melakukan hal-hal baru. Sesekali anak bisa dilibatkan dan diajak dalam proses memasak. Dengan trik seperti ini, anak-anak biasanya jadi lebih tertarik menikmati makanan tersebut. Tak perlu memintanya untuk mengerjakan tugas yang berbahaya. Hal-hal sederhana seperti memintanya mengaduk bahan pun bisa membuatnya senang dan bersemangat.

Memilih bahan yang disukai anak

Anak cenderung suka memilih-milih makanan. Biasanya mereka melakukan hal tersebut karena ada bahan makanan yang kurang disukai. Nah supaya anak lebih bersemangat menghabiskan makanannya, kita bisa mencampurkan beberapa bahan makanan yang disukainya. Misalnya menggunakan keju, sosis, coklat atau bahan-bahan lain yang disukai si anak. Agar lebih sehat, minimalkan penggunaan bahan-bahan yang mengandung pengawet, penyedap makanan serta pewarna buatan.

Penampilan dan penyajian yang menarik adalah kunci

Salah satu cara membuat anak tertarik pada makanannya adalah karena tampilan dan penyajiannya. Semakin menarik tampilan dan penyajian makanan, semakin tampak menggoda pula makanan tersebut dan membuat mereka bersemangat menyantapnya. Mulai dari bentuk makanan, warna hingga hiasan di atas piring makannya perlu diperhatikan.

agar anak lebih tertarik makan makanan di rumah
Foto: freepik/bondarenko-rimma

Baca juga: Anak kerap tak suka sayuran, coba ganti dengan makanan pengganti sayuran ini

Ajak anak makan bersama

Jika anak melihat orang dewasa menikmati makanan yang sama dengan yang dia makan, kemungkinan anak akan lebih tertarik dan semangat menghabiskan makanannya pula. Karena itu tak ada salahnya mengajak anak makan bersama-sama dengan menikmati hidangan yang sama.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

manfaat mengonsumsi kacang tanah

Manfaat kacang tanah, camilan sejuta umat yang selalu sukses cairkan suasana

resep dan cara membuat calamari crispy

Cemilan sore yang mudah dibuat dan praktis, Calamari crispy lengkap dengan saus