Ternyata Ini Lho Trik Supaya Sambal Terasa Lebih Sedap Dan Maknyus

trik membuat sambal
Foto: food.culturenesia.com

Hampir semua orang Indonesia menyukai sambal. Apalagi kalau kamu termasuk orang yang suka makanan pedas. Kurang lengkap rasanya kalau makan tanpa didampingi sambal. Tapi bagaimana trik membuat sambal supaya terasa lebih sedap dan maknyus?

Pasalnya beda orang yang membuat, beda juga rasa sambalnya. Nah supaya kamu bisa membuat sambal yang lezat, coba terapkan trik ini.

Trik Membuat Sambal Sedap Itu Dari Kesegaran Bahannya

Memilih bahan-bahan yang matang dan segar tentu jadi hal penting yang harus diperhatikan jika ingin membuat sambal yang sedap nan lezat. Karena bahan-bahan yang sudah busuk, kering atau belum matang akan mempengaruhi rasa sambal sehingga jadi kurang lezat.

Jadi mulai dari cabe rawit, cabe besar, tomat hingga bawang merah dan bawang putih harus kamu pilih betul yang kualitasnya bagus. Demikian juga kalau kamu ingin menambahkan bahan tambahan seperti jeruk purut, terasi atau daun salam. Semuanya harus diperhatikan baik-baik dan pilih yang segar.

Baca Juga: Tips Menghilangkan Bau Bekas Sambal Dari Tangan Sehabis Makan

Gunakan Hanya Bahan Yang Dibutuhkan

Indonesia punya berbagai macam jenis sambal khas dari tiap-tiap daerah. Masing-masing sambal biasanya membutuhkan bahan yang berbeda-beda antara satu sama lain. Jadi pastikan kamu mengetahui dengan baik jenis sambal yang ingin kamu buat dan hanya menggunakan bahan yang dibutuhkan. Misalnya sambal matah yang berbeda racikan dengan sambal terasi. Kalau kamu menambahkan terasi dalam racikan sambal matah, bisa-bisa bukannya jadi sedap, sambal matah racikanmu justru akan jadi aneh.

trik membuat sambal enak
Foto: Instagram/two_yolks

Perlengkapan Yang Dibutuhkan Tergantung Dari Jenis Sambal

Bukan hanya berbeda racikan bahan yang dibutuhkan, tapi masing-masing sambal bisa jadi juga berbeda-beda cara pengolahannya. Karena itu perlengkapan yang dibutuhkan juga berbeda. Ada jenis sambal yang dihaluskan dengan ulekan atau blender, tapi ada juga sambal yang hanya perlu diiris-iris tipis tanpa dihaluskan. Selain itu ada juga jenis sambal yang butuh digoreng, tapi ada juga yang tak perlu digoreng. Jadi sesuaikan dengan jenis sambal yang ingin kamu buat.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

cara memilih ikan beku

Cara Memilih Ikan Beku, Agar Dapat Kualitas Terbaik

khasiat kacang hijau

Khasiat Kacang Hijau Untuk Kesehatan, Jangan Sepelekan