Tradisional Banget, Minuman-Minuman Ini Khas Indonesia

bandrek susu
Foto: indoblognet.com

Salah satu kebahagiaan tinggal di Indonesia adalah melimpahnya aneka makanan dan minuman yang lezat. Tak sedikit pula yang memiliki kandungan baik sehingga tubuh pun jadi lebih sehat. Beberapa minuman itu juga terbuat dari bahan-bahan tradisional. Apa saja jenis minuman khas Indonesia ini?

Bajigur

bajigur minuman khas indonesia
Foto: Topsone

Bajigur termasuk salah satu minuman khas Indonesia yang dibuat dari bahan-bahan tradisional. Yaitu, santan, gula jawa, gula pasir, kopi, daun pandan serta garam. Minuman yang merupakan minuman khas Sunda ini pun sering menjadi minuman penghangat tubuh. Kerap kali bajigur dinikmati bersama camilan seperti kacang rebus, ubi, gorengan dan lain-lain saat bersantai.

Bandrek

bandrek minuman tradisional indonesia
Foto: apartmenttherapy.com

Bandrek termasuk salah satu minuman tradisional yang tak kalah nikmat untuk diminum saat cuaca dingin. Dibuat dari campuran berbagai rempah-rempah seperti jahe, cengkeh, pala, lada hitam serta gula aren, bandrek juga kerap dikonsumsi untuk meringankan sakit tenggorokan atau batuk.

Bir Pletok

bir pletok
Foto: instagram/sulistyowati_05

Namanya memang bir pletok. Tapi minuman yang dibuat dari bahan-bahan tradisional Indonesia ini sama sekali tidak memabukkan. Dengan bahan dasar jahe, cabe jawa, pala, cengkeh, kapulaga, daun pandan, serai, daun jeruk, kayu manis, gula serta lada. Warna merah pada bir pletok itu sendiri dihasilkan dari kayu secang, yang juga jadi bahan utama bir pletok.

Berasal dari Betawi, minuman ini dibuat sejak zaman Belanda. Untuk meniru kebiasaan orang Belanda yang suka minum bir dengan tujuan menghangatkan badan.

Baca Juga: Jajanan Enak Khas Nusantara Yang Berisi Kacang Ijo, Makin Legit Dan Joss!

Sarabba

sarabba
Foto: Instagram/renovyantowibisono

Bukan hanya daerah Jawa, daerah-daerah lain di Indonesia juga banyak yang punya minuman tradisional. Misalnya seperti Makassar yang punya Sarabba. Minuman yang satu ini menggunakan kuning telur sebagai salah satu campurannya. Karena itu bukan hanya kerap dijadikan minuman saat bersantai, tapi Sarabba juga kerap dijadikan minuman untuk mencegah penyakit seperti masuk angin atau flu.

Wedang Secang

wedang secang minuman khas indonesia
Foto: instagram/merlinalela

Mungkin tak semua orang dapat menikmati makanan atau minuman ala Keraton. Tapi kamu bisa menikmati wedang secang yang ternyata merupakan minuman tradisional ala Keraton Yogyakarta. Minuman ini pun dapat meningkatkan stamina serta mengatasi masuk angin serta perut kembung lho. Bahkan minuman ini juga dapat membantu melancarkan aliran darah dalam tubuh.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

combro

Lebih Hemat, Cemilan-Cemilan Ini Bahan Utamanya Dari Singkong

rujak soto

Kuliner Khas Banyuwangi, Lezat Dalam Kesederhanaannya