Tradisi Hidangan Dari Berbagai Daerah Di Indonesia Selama Bulan Ramadhan

mie glosor
Foto: instagram/hnoem.nurzehan

Indonesia memang terkenal dengan keaneka ragaman budaya, adat dan tradisinya. Jadi tak heran kalau tiap daerah punya tradisi hidangan bulan ramadhan yang begitu dinanti dan diminati.

Tradisi hidangan bulan ramadhan itu pun seolah jadi ciri khas tiap daerah. Bahkan jadi menu sajian yang identik. Nah dari beberapa menu sajian tradisi beberapa daerah ini, mana saja yang sudah pernah kamu coba?

Sate Susu, Bali

sate susu bali
Foto: Istimewa

Kalau kamu penggemar sate dan belum pernah mencoba sate unik khas Bali ini, maka kamu wajib segera mencobanya selagi bulan ramadhan. Pasalnya sate yang satu ini cukup susah ditemui di luar bulan ramadhan. Terbuat dari susu (payudara) sapi, sate ini disajikan dengan sambal plecing khas Bali. Jadi kamu bisa bayangkan rasa lezatnya seperti apa bukan?

Kicak, Yogyakarta

kicak yogyakarta
Foto: Istimewa

Populer dan hanya ada saat bulan ramadhan, kicak yang menjadi makanan khas Yogyakarta ini menggunakan bahan dasar ketan untuk pembuatannya. Dengan dicampur gula, parutan kelapa muda, nangka muda, daun pandan dan vanili, makanan yang berasal dari daerah Kauman ini pembuatannya dengan cara dikukus. Rasa manis dan aromanya yang khas menjadi daya tarik hidangan buka puasa ini.

Bongko Kopyor, Gresik

bongko kopyor tradisi hidangan bulan ramadhan
Foto: aninyakitchen

Sajian unik khas Gresik ini menjadi menu andalan saat buka puasa. Biasanya jajanan yang dibungkus dengan daun pisang ini banyak dijual di sekitar area Manyar, Bungah dan Sidayu. Dibuat dengan bahan dasar buah kelapa, tepung terigu, pisang, santan, bubur mutiara serta roti tawar yang dikukus. Rasanya yang manis, membuatnya menjadi hidangan yang pas untuk berbuka puasa.

Mie Glosor, Bogor

mie glosor
Foto: instagram/hnoem.nurzehan

Berbahan dasar tepung aci, mie yang satu ini disebut mie glosor. Sajian khas Bogor yang ini hanya ada saat bulan ramadhan. Rasa uniknya mie akan terasa semakin istimewa dengan siraman bumbu kacang yang dijadikan pendamping penyajian. Penasaran ingin mencobanya? Kamu bisa berkunjung ke Bogor saat bulan puasa dan mendapatinya dari para penjual kaki lima.

Gulai Kakuwah, Bengkulu

tradisi hidangan bulan ramadhan gulai kakuwah
Foto: instagram/resepmom_id

Gulai Kakuwah juga termasuk salah satu makanan tradisi hidangan bulan ramadhan yang tak muncul di luar bulan puasa. Hidangan khas Bengkulu ini banyak dijual di daerah Mukomuko. Berbahan dasar ikan yang dimasak dengan bumbu rempah, cabai serta santan kelapa, makanan khas ini terasa semakin lezat dinikmati dengan nasi hangat.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

cara menata dapur

Cara Menata Dapur Supaya Dapurmu Tampak Lebih Cantik

sajian buka puasa

Biar Nggak Bosan Buka Puasa Dengan Menu Itu-Itu Aja