Supaya daging sate tak alot, lakukan ini saat mengolahnya

supaya sate daging empuk
Foto: freepik/suryaanugrah

Mengolah daging agar menjadi sate yang enak ternyata gampang-gampang susah. Ada tantangan tersendiri agar daging tak alot saat dimakan. Bukan hanya dengan memilih daging yang tepat, tapi juga dengan menerapkan beberapa trik. Tujuannya tentu saja untuk membuat sate yang enak. Lalu bagaimana caranya supaya daging sate tak alot?

Bagian daging yang digunakan harus tepat

Ternyata tak semua bagian dari daging sapi bisa dijadikan sate. Jika ingin mendapatkan hasil terbaik, bagian yang bisa digunakan adalah bagian has dalam, bagian has luar atau bagian lamusir depan. Bagian-bagian ini membuat sate jadi tak alot.

Pola mengiris daging yang tepat

Pola mengiris daging yang akan digunakan untuk membuat sate juga harus diperhatikan dengan baik. Misalnya daging sapi diiris dengan pola serat melintang. Ketebalannya pun harus diperhatikan. Pasalnya jika diiris terlalu tebal dan besar, akan membuat daging lebih lama matang. Sedangkan jika terlalu tipis, bisa cepat gosong.

Rendam dengan bumbu

Sebelum dimasak atau dibakar, daging sapi yang telah diiris-iris dapat direndam terlebih dahulu dengan bumbu selama kurang lebih 30 menit hingga 1 jam. Setelah direndam dengan bumbu, daging sapi bisa ditusuk-tusuk dan diproses masak. Pada saat dimasak, daging sapi bisa sambil diolesi kembali menggunakan sisa bumbu yang ada.

Baca juga: 10 bahan ini bisa digunakan untuk mengempukkan daging, lho!

Pastikan alat pemanggang sudah benar-benar siap

Pastikan alat pemanggang yang akan digunakan sudah benar-benar siap. Misalnya dengan memastikan panas dan bara api pada arang yang akan digunakan sudah merata. Atau memastikan alat pemanggang tidak lengket digunakan, dengan cara mengolesinya menggunakan mentega atau minyak.

Bolak-balik sate

Bukan hanya memastikan panas api sudah merata, tapi saat memasak sate juga harus sesekali dibolak-balik agar matangnya juga merata.

Selalu dapatkan info, tips dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

cara menghilangkan bau prengus daging kambing

Memasak Daging Kambing, Hilangkan Dulu Bau Prengusnya Dengan Cara Ini

produk yang harus dihindari saat flu

Demi anak, makanan ini baiknya dihindari saat sedang menyusui