Tips menyimpan makanan tanpa kulkas agar tetap awet

tips menyimpan makanan tanpa kulkas
Foto: freepik/foodiesfeed

Kulkas memang sangat berguna untuk menyimpan berbagai makanan agar tetap segar dan awet dalam waktu yang cukup lama. Tapi bukan berarti makanan-makanan itu akan langsung rusak dan busuk jika tidak disimpan di dalam kulkas lho. Apalagi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat makanan-makanan tersebut dapat bertahan lama dan tak cepat rusak.

Tidak menyimpan bawang di tempat lembab

Bawang termasuk salah satu bahan makanan yang sangat penting dan memiliki banyak fungsi. Untuk mempertahankan kualitas bawang agar tak cepat rusak, bawang tak boleh disimpan di tempat yang lembab. Wadah yang berlubang atau berongga seperti keranjang, menjadi salah satu wadah terbaik untuk menyimpan bawang agar tak cepat busuk. Jangan lupa juga untuk tidak meletakkan bawang di dekat sayur atau bahan makanan lain.

Menggunakan kain basah untuk membungkus ikan

Kulkas memang tempat terbaik untuk menyimpan ikan. Tapi tanpa kulkas, setidaknya kita bisa membuat ikan bertahan dan tak busuk sedikit lama hingga 24 jam. Caranya dengan membungkus ikan menggunakan kain yang sudah dibasahi cairan cuka atau air perasan jerus nipis.

Sayur dapat terjaga kesegarannya di dalam air

Untuk menghilangkan kotoran yang melekat pada sayuran, kita biasa mencucinya menggunakan air. Namun ternyata, sayuran juga dapat direndam di dalam wadah berisi air agar tetap terjaga kesegarannya dan tak cepat busuk. Cara ini dapat membuat sayuran yang memiliki batang bertahan hingga 3 hari lho.

Baca juga: Cara merawat dan membersihkan freezer untuk menjaga kualitas frozen food

Kentang harus disimpan di tempat gelap

Kentang yang disimpan di dalam plastik lebih cepat rusak dibanding kentang yang disimpan dalam bungkus kertas koran. Selain itu, tempat yang gelap atau minim cahaya dapat membuat kentang bertahan cukup lama.

Selalu dapatkan info, tips dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

tips membuat salad sayur

Agar tetap segar dan renyah, ini cara menyiapkan salad sayur

resep dan cara membuat roti kukus sarikaya ala kitchen of indonesia

Resep akhir pekan, kue kukus sarikaya super lumer ala Kitchen of Indonesia