Suka Bikin Es? Ini Tips Menyimpan Kolang-Kaling Supaya Awet

tips menyimpan kolang-kaling
Foto: iStockphoto

Bertekstur kenyal, kolang-kaling yang berasal dari buah pohon aren ini termasuk salah satu bahan yang banyak diburu untuk campuran es. Menyerupai tekstur agar-agar, kolang-kaling dianggap sehat dan punya banyak manfaat. Tapi supaya bisa tahan lama di dalam kulkas, gimana sih tips menyimpan kolang-kaling?

Tips Menyimpan Kolang-Kaling Dimulai Dari Cara Memilihnya

Memilih kolang-kaling yang masih muda termasuk salah satu tips agar kolang-kaling dapat disimpan dalam jangka waktu lama. Kolang-kaling muda biasanya memiliki tekstur yang kenyal dan warnanya bening cenderung transparan.

Bersihkan Lendir Di Bawah Air Mengalir

Biasanya di pasaran, untuk menjaga kesegarannya kolang-kaling dijual di dalam wadah yang berisi air. Tapi jika direndam terlalu lama dapat menghasilkan lendir dan membuat kolang-kaling jadi terasa asam dan kurang enak. Karenanya sebelum disimpan di dalam kulkas, kolang-kaling harus dibersihkan di bawah air mengalir hingga lendirnya hilang.

Tapi meski tidak ada lendir, tak ada salahnya kok kamu tetap mencuci kolang-kaling di bawah air mengalir sebelum menyimpannya di dalam kulkas. Karena kita tak pernah tahu air yang digunakan untuk merendam kolang-kaling di pasar tersebut sudah kotor atau belum.

Baca Juga: Ini Lho Tips Memilih Dan Menyimpan Cincau Yang Aman

Gunakan Air Bekas Cucian Beras Agar Lebih Kesat

Meskipun bekas, tapi air bekas cucian beras ternyata bisa digunakan untuk mengurangi rasa asam pada kolang-kaling dan membuatnya jadi lebih bersih dari sisa-sisa lendirnya lho. Kamu tinggal merendamnya dalam air bekas cucian beras selama kurang lebih satu sampai dua jam hingga muncul gelembung-gelembung keruh di permukaan air beras. Setelah itu jangan lupa untuk kembali mencucinya dengan air mengalir hingga permukaan kolang-kaling jadi lebih kesat.

cara menyimpan kolang-kaling
Foto: indonesian-medan-food.blogspot.com

Rebus Dengan Dedaunan Wangi

Setelah dicuci, rebus kolang-kaling dengan daun pandan atau daun jeruk sehingga kolang-kaling jadi lebih harum. Proses merebus ini juga dapat membuat kolang-kaling jadi lebih empuk dan tidak asam. Jika mau, kamu juga bisa tambahkan kayu manis atau cengkeh.

Simpan Di Dalam Kulkas Dengan Wadah Tertutup

Setelah direbus, biarkan kolang-kaling dingin terlebih dahulu sebelum kemudian diletakkan ke dalam wadah tertutup dan disimpan di dalam kulkas. Cara ini dapat membantu menyimpan kolang-kaling sehingga lebih segar dan tahan lama.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

aneka olahan tahu

Aneka Olahan Tahu Yang Bikin Selera Makan Bertambah

dapur

Bahan Makanan Ini Juga Bisa Digunakan Untuk Membersihkan Dapur Lho