Biar Ketupat Tak Cepat Basi, Ini Tipsnya

ketupat
Foto: iStock

Ketupat tak bisa lepas dari momen lebaran. Sebagai menu identik hidangan lebaran, biasanya jumlah ketupat yang dimasak pun tidak sedikit. Sayangnya, ketupat termasuk makanan yang mudah basi dan tidak bisa disimpan untuk jangka waktu lama. Karenanya butuh tips menyimpan ketupat biar ketupat tak cepat basi.

Air Dingin Bisa Membuat Ketupat Lebih Tahan Lama

Siapkan air dingin dalam wadah besar. Setelah ketupat matang, segera angkat dari panci dan masukkan ketupat ke dalam air dingin yang telah disiapkan. Sehingga proses pemanasan ketupat segera terhenti dan ketupat pun menjadi dingin sempurna.

Angin-Anginkan Ketupat Yang Telah Dicelupkan Air Dingin

Jangan terlalu lama mencelupkan ketupat ke dalam air dingin. Segera setelah ketupat tak lagi panas, angkat ketupat dari rendaman air dingin. Kemudian angin-anginkan ketupat supaya kandungan air yang ada di dalam ketupat tersebut menjadi berkurang. Dengan kondisi yang tak banyak kandungan airnya, ketupat pun jadi tak mudah basi.

Hindari Menyimpan Di Tempat Tertutup

Menyimpan ketupat di tempat tertutup akan membuat ketupat berada dalam kondisi lembab. Karenanya hindari menyimpan di tempat tertutup agar lebih tahan lama. Pastikan ketupat disimpan di tempat yang kering, bersih dan mendapat sirkulasi udara yang baik.

menu ketupat
Foto: Shutterstock

Jika Belum Ingin Dimakan, Simpan Di Dalam Kulkas

Jangan meletakkan ketupat di suhu ruangan terlalu lama. Karena itu menyimpan ketupat dalam kulkas dapat membuat ketupat tak mudah basi. Saat ingin memakannya, kamu bisa menghangatkan kembali ketupat tersebut. Mengingat memakan ketupat dalam keadaan dingin akan terasa kurang nikmat.

Tips Biar Ketupat Tak Cepat Basi, Kukus Ulang

Jika masih punya banyak ketupat yang disimpan, kamu bisa mengukus ulang ketupat-ketupat tersebut keesokan harinya sehingga ketupat lebih awet.

Dengan ketupat yang lebih tahan lama dan tak mudah busuk, kamu pun bisa menghidangkan kembali menu tersebut. Tapi jangan lupa untuk memastikan ketupat masih dalam kondisi baik sebelum menyajikannya ya.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

opor kepala ikan kakap

Opor Kepala Ikan Kakap, Menu Seafood Khas Lebaran

tips menyimpan kue kering

Cara Menyimpan Kue Kering Supaya Renyahnya Tahan Lama