Tips Menghidangkan Hidangan Lebaran Di Rumah Untuk Halal Bi Halal

hidangan lebaran
Foto: parenting.firstcry.com

Lebaran kerap kali jadi momen yang ditunggu-tunggu. Mengingat momen tersebut jadi kesempatan penting untuk berkumpul bersama keluarga besar, kerabat dan teman yang lama tak bertemu. Sehingga suguhan yang akan dihidangkan pun perlu disiapkan baik-baik. Apalagi jika rumahmu menjadi tempat berkumpulnya keluarga besar dan sanak-saudara. Tips menghidangkan hidangan ini mungkin kamu perlukan untuk menyambut lebaran nanti.

Perkirakan Jumlah Orang Yang Datang

Langkah penting yang pertama kali harus dipikirkan adalah memperkirakan jumlah orang yang nantinya akan datang. Bukan hanya menghitung orang dewasanya, ada baiknya kamu juga menghitung hingga jumlah anak kecil yang mungkin akan datang. Jangan sampai karena salah menghitung, hidangan yang kamu suguhkan jadi kurang. Tak enak kan kalau sampai kurang? Setelah menghitung perkiraan jumlah orang yang akan datang, menyiapkan langkah berikutnya pun akan lebih mudah.

Sediakan Peralatan Makan Yang Sesuai

Sediakan peralatan makan yang cukup sesuai dengan perkiraan jumlah orang yang datang. Peralatan yang perlu disiapkan pun harus disesuaikan dengan menu yang akan dihidangkan. Misalnya ada menu yang membutuhkan mangkuk atau tidak. Sehingga sanak saudara atau tamu yang hadir tak perlu kebingungan mencari peralatan makan yang sesuai.

Jangan Lupa Pastikan Tempat Yang Digunakan Juga Cukup

Menyiapkan tempat juga tak kalah penting untuk dipertimbangkan. Apa nantinya semua orang yang hadir akan berdiri atau perlu menyiapkan meja dan kursi untuk duduk. Karena pastinya jika harus menggunakan meja dan kursi, luas tempat yang perlu disiapkan pun berbeda dengan ketika tak perlu menggunakan meja dan kursi.

tips menghidangkan hidangan
Foto: dailytelegraph.com.au/Jonathan Ng

Akan Lengkap Kalau Ada Menu Pembuka, Menu Utama Serta Penutup

Menu utama dalam hidangan memang penting. Tapi akan lebih baik kalau ada menu pembuka dan penutup juga. Sehingga nantinya tamu yang datang juga akan lebih senang dan merasa terkesan. Tak harus menu-menu mewah dan mahal kok. Kamu bisa pilih menu yang sederhana dan tak membutuhkan budget besar.

Siapkan Beberapa Menu Pilihan

Setiap orang punya selera berbeda-beda. Karena tamu yang datang pun banyak, jadi kamu pun sebaiknya menyiapkan beberapa menu pilihan. Sehingga mereka bisa memilih hidangan mana yang ingin mereka nikmati. Jangan sampai karena hanya menyiapkan sedikit menu, lalu ada tamu yang tidak makan karena kurang suka dengan jenis hidangan tersebut. Siapkan menu pilihan secukupnya. Jangan terlalu banyak, juga jangan terlalu sedikit.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

bekal perjalanan jauh

Saatnya Balik Ke Tanah Rantau, Ini Bekal Praktis Untuk Di Jalan

ketupat

Lebaran Ketupat, Ini Tips Membuat Ketupat Enak Dan Tahan Lama