Tips Memilih Kepiting Berdaging Padat Dan Segar, Enak Banget

tips memilih kepiting
Foto: thammachartseafood.com

Kepiting termasuk primadona seafood yang paling banyak digemari di warung makan. Rasanya yang khas dan lezat sukses membuat kepiting jadi incaran para pecinta kuliner. Sehingga tak jarang, kepiting juga dijadikan menu masakan di rumah. Tapi sayangnya, tak semua orang paham tips memilih kepiting yang berdaging padat dan segar.

Pasalnya memilih kepiting dari ukuran bukanlah cara yang paling tepat. Karena itu biar tak kecewa, coba yuk ikuti cara memilih kepiting yang berikut ini.

Hindari Memilih Kepiting Yang Sudah Mati

Memilih kepiting yang masih hidup memang terkesan lebih ribet dibanding memilih kepiting mati. Belum lagi kalau kita takut kena capitnya yang mungkin akan melukai tangan. Tapi kepiting hidup tentu lebih baik dan lebih segar dibanding kepiting yang sudah mati.

Mata Yang Bagus Juga Termasuk Tips Memilih Kepiting Lho

Bagi mud crab atau kepiting lokal, memperhatikan kondisi mata saat memilih kepiting sangatlah penting. Pilih yang kondisi kedua matanya utuh dan masih bergerak-gerak. Jika mata kepiting rusak karena gigitan nyamuk atau terbentur, sebaiknya tidak dipilih ya.

Warna Kepiting Juga Harus Diperhatikan

Kepiting dengan warna terang dan mengkilap mungkin tampak lebih menarik. Tapi kepiting dengan kualitas bagus justru cangkangnya cenderung berwarna kusam dan memiliki goresan lho. Karena itu menandakan bahwa kepiting akan berganti kulit dan memiliki daging yang padat. Saat baru berganti kulit, daging kepiting cenderung lebih tipis.

cara memilih kepiting
Foto: foodiecrush.com

Baca Juga: Cara Memilih Ikan Beku, Agar Dapat Kualitas Terbaik

Memilih Kepiting Dari Capitnya

Kepiting yang bagus adalah kepiting yang menggunakan capitnya dengan baik. Hal ini bisa dilihat dari capit kanannya yang berguna untuk menghancurkan massa. Cek baik-baik apakah capit tersebut bergigi tumpul atau pipih.

Cek Bagian Badan Kepiting

Kepiting yang memiliki daging padat biasanya memiliki badan yang keras. Sehingga jika ditekan badannya pun terasa keras. Sedangkan kepiting yang memiliki daging kopong atau sudah rusak, biasanya terasa kopong saat badannya ditekan.

kepiting
Foto: cannellevanille.com

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

puding merah putih

Kreasi Hidangan Merah Putih Menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia

nasi tumpeng

Makanan Khas Yang Wajib Dinikmati Saat 17 Agustus-an