Ini Lho Tips Memilih Dan Menyimpan Cincau Yang Aman

cara memilih cincau
Foto: Istimewa

Saat bulan puasa, es cincau menjadi salah satu sajian wajib bulan ramadhan yang tak boleh dilewatkan. Rasanya yang lezat dan sensasi dinginnya, sangat cocok untuk menyegarkan tenggorokan yang menahan dahaga. Apalagi cincau juga memiliki kandungan yang bagus untuk kesehatan.

Meski begitu, Sobat KOI tak sebaiknya sembarangan membeli cincau. Mengingat banyaknya cincau yang mengandung zat kimia yang tak baik bagi kesehatan kini beredar di pasaran. Karena itu setidaknya ada beberapa tips memilih dan menyimpan cincau yang bisa diterapkan.

Tips Memilih Dan Menyimpan Cincau Itu Harus Memperhatikan Warna, Bau dan Teksturnya

Cincau yang bagus biasanya tidak mengandung bau asam dan tidak mengandung bahan kimia atau tengik. Warnanya pun biasanya bening, licin, mengkilat dan agak transparan. Karena itu cincau hitam yang berwarna terlalu pekat, biasanya justru kurang bagus kualitasnya. Secara tekstur, cincau yang bagus memiliki tekstur kenyal namun mudah hancur dan mudah berair.

tips memilih cincau
Foto: Istimewa

Jangan Pilih Cincau Yang Bergelembung

Gelembung yang muncul pada permukaan cincau merupakan pertanda kalau cincau tersebut kurang lama dimasak dan tidak matang. Jadi sebaiknya hindari memilih cincau yang permukaannya bergelembung ya.

Segera Cuci Cincau Sesudah Beli

Sesampainya di rumah setelah membeli cincau, segera cuci cincau menggunakan air mengalir untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Rendam dan cuci cincau beberapa kali hingga lunturan warna dari cincau memudah dan air bilasannya tampak bening.

cincau
Foto: Istimewa

Simpan Cincau Di Tempat Tertutup

Setelah dicuci hingga lunturan warnanya memudar, cuci kembali cincau tersebut menggunakan air minum. Kemudian letakkan cincau ke dalam wadah yang tertutup rapat sebelum menyimpannya ke dalam kulkas. Cincau pun akan awet hingga 2-3 hari.

What do you think?

-1 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

jus kurma cokelat pisang

Berbahan Dasar Kurma, Menu Ini Cocok Untuk Buka Bersama Keluarga Di Rumah

tempura udang salted egg

Enaknya Udang Tempura Salted Egg Nggak Kalah Sama Menu Restauran