Tips membuat salad sayur yang enak, mengenyangkan dan lebih bergizi

tips membuat salad sayur
Foto: cookinglight.com

Pola makan hidup sehat belakangan ini semakin digandrungi oleh banyak orang. Salah satu menu yang biasa jadi andalan adalah salad sayur. Nah ada beberapa tips membuat salad sayur yang enak agar tetap mengenyangkan dan lebih bergizi.

Kombinasi sayur mayur

Salad sayur salah satunya identik dengan selada dan sawi. Tapi kamu bisa gunakan sayur-mayur lainnya untuk membuat salad sayur kok. Misalnya bayam muda, brokoli, kol, tomat, buncis atau berbagai sayur lainnya. Buat salad sayur yang lezat dengan mengkombinasikan berbagai jenis sayur kesukaan kamu.

Cuci bersih semua sayur

Setelah memilih dan menyiapkan sayur-sayuran yang akan digunakan untuk salad, cuci dan bersihkan semua sayur-sayuran tersebut. Pastikan semua sayur benar-benar dicuci hingga bersih. Untuk beberapa sayur, jika diperlukan, rendam dengan air garam untuk menghilangkan ulat dan kotoran yang mungkin ada pada sayur tersebut.

Padukan dengan berbagai topping

Supaya tak bosan dan lebih variatif, kamu bisa tambahkan berbagai topping yang kamu suka pada salad tersebut. Misalnya kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang kenari, kacang mede, kacang polong, atau jenis kacang-kacangan lainnya.

Atau selain kacang-kacangan, juga bisa mencampurkan daun-daunan herbal seperti kemangi, mint, rosemary atau peterseli. Tak juga menutup kemungkinan dengan mencampurkan irisan ikan, daging ayam, sapi di dalam salad kok.

tips membuat salad sayur yang enak
Foto: myfoodandfamily.com

Baca juga: Tak hanya jadi lalapan, kamu bisa olah kubis jadi berbagai menu enak

Saus salad yang tepat

Pilihan saus juga tak kalah penting karena salad yang enak biasanya salah satunya ditentukan dari jenis saus salad (salad dressing) yang digunakan. Kamu bisa gunakan saus salad siap pakai yang bisa dibeli di minimarket terdekat atau membuat sendiri dari campuran beberapa bahan. Kalau saus yang dipilih sudah sesuai dengan keinginan, salad sayur yang dibuat pasti enak.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

tips menghilangkan bau amis ikan patin

Tips memasak ikan patin agar bau amisnya tak terlalu menyengat

resep ikan panggang pacak khas sumatera utara

Ikan panggang pacak khas Sumatera Utara, bumbu rempahnya nampol abis