Membuat mie goreng yang enak dan bumbunya tercampur rata, ini tipsnya

mie goreng udang kitchen of indonesia
Foto: Kitchen of Indonesia

Mie goreng termasuk salah satu hidangan Indonesia yang cukup populer dan digemari banyak orang. Pembuatannya memang tak terlalu sulit. Tapi untuk mencampurkan mie nya agar menyatu dengan bumbu, ada beberapa tips yang perlu dilakukan sehingga hasilnya lebih optimal. Karena mie goreng yang bumbunya tak tercampur rata akan terasa kurang lezat disantap.

Rebus mie sebelum digoreng

Sebelum digoreng, rebus mie terlebih dahulu hingga teksturnya lunak. Namun usahakan untuk tidak merebusnya terlalu matang. Karena jika sudah direbus terlalu matang, mie akan semakin lembek saat digoreng.

Usahakan agar mie tidak menempel satu sama lain

Jangan biarkan mie menempel satu sama lain agar bumbu lebih mudah rata. Setelah direbus hingga lunak, tuangkan sedikit minyak ke mie. Tak perlu terlalu banyak. Sedikit saja yang penting merata. Agar lebih mudah diurai dan tidak kusut, mie juga bisa digunting beberapa kali.

Tumis bumbu terlebih dahulu

Sebelum bumbu dicampurkan dengan mie, sebaiknya bumbu ditumis atau dimasak terlebih dahulu hingga matang. Hal itu membuat bumbu jadi tidak langu dan cita rasanya pun lebih maksimal. Saat dicampurkan dengan mie pun, hasilnya akan lebih sempurna.

Gunakan penggorengan yang tepat

Penggorengan ternyata juga merupakan salah satu faktor yang tak kalah penting dalam memasak mie goreng yang enak. Agar memasak mie goreng lebih mudah dan hasilnya enak sesuai keinginan, ada baiknya proses masaknya menggunakan penggorengan yang ukurannya lebih besar dari porsi mie. Dengan ukuran wajan yang besar, mengaduk mie pun jadi lebih mudah. Sehingga bumbu merata lebih optimal.

tips membuat mie goreng yang bumbunya rata dan enak
Foto: freepik/tapati2528

Baca juga: Mie goreng udang, menu spesial akhir pekan ala Kitchen of Indonesia

Jangan gunakan api besar

Menggoreng mie menggunakan api besar akan membuat mie jadi cepat gosong. Karena itu sebaiknya goreng mie cukup dengan api kecil. Gerakan menggoreng yang cepat pun dapat membuat mie dan bumbu tercampur optimal.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

cara membuat kulit pastel yang renyah dan gurih

Rahasia bikin kulit pastel renyah tahan lama dan gurih

brokoli

Makanan ini menyehatkan, tapi sebaiknya dihindari saat sedang sakit