Lebaran Ketupat, Ini Tips Membuat Ketupat Enak Dan Tahan Lama

ketupat
Foto: iStock

Di beberapa daerah, ketupat dihidangkan justru bukan tepat saat hari raya idul fitri tapi 7 hari setelahnya. Biasanya tradisi itu dikenal dengan nama lebaran ketupat. Nah supaya ketupat yang dimasak untuk lebaran ketupat lebih tahan lama, ada beberapa tips membuat ketupat yang bisa diterapkan nih sobs.

Pemilihan Beras Pun Penting

Ada baiknya beras yang digunakan untuk membuat ketupat memiliki kualitas yang cukup baik. Sering kali beras yang pulen dianggap sebagai beras yang paling bagus untuk ketupat. Padahal menggunakan beras pulen beresiko ketupat jadi terlalu lembek dan cepat basi lho. Jadi sebaiknya usahakan untuk menggunakan beras yang tidak terlalu pera, juga tidak terlalu pulen.

Tips Membuat Ketupat Enak Itu Harus Perhatikan Takaran Berasnya

Takaran beras jadi salah satu faktor penting dalam membuat ketupat yang enak. Pasalnya jika takaran beras kurang pas, hasilnya ketupat bisa jadi terlalu penuh, keras atau lembek. Dengan hasil ketupat yang seperti itu, bukan cuma cita rasanya yang kurang lezat, ketupat pun jadi mudah basi dan rusak.

membuat ketupat
Foto: Pinterest/Celine Paramita

Jumlah takaran beras pun disesuaikan dengan jenis beras yang digunakan. Misalnya jika menggunakan beras pulen, isikan beras sebanyak 2/3 dari selongsong ketupat. Sedangkan jika menggunakan beras yang pera, isikan beras sebanyak 1/3 dari selongsong ketupat yang telah disiapkan. Jangan lupa beras yang digunakan harus direndam dengan air terlebih dahulu selama kurang lebih 30 menit kemudian ditiriskan ya.

Memasaknya Dengan Panas Yang Merata Dan Stabil

Supaya hasilnya bagus, gunakan panci besar untuk memasak ketupat. Sehingga panas dari kompor pun bisa tersebar merata dan stabil. Karena untuk menghasilkan ketupat yang bagus, ketupat membutuhkan panas yang merata dan stabil.

Jangan Sampai Rebusan Ketupat Kekurangan Air

Merebus ketupat membutuhkan air yang cukup banyak. Namun jika memasukkan air terlalu banyak, air bisa meluap saat mendidih. Karena itu sering-sering cek kondisi air yang ada di dalam panci rebusan ketupat. Jika air sudah cukup berkurang banyak, masukkan kembali air mendidih ke dalam panci rebusan ketupat. Sehingga ketupat bisa terus dimasak dalam kondisi stabil.

tips memasak ketupat
Foto: indonesian-medan-food.blogspot.com

Segera Tiriskan Dan Angin-Anginkan Setelah Matang

Setelah matang, segera tiriskan ketupat dan sisa-sisa air rebusan. Dengan menggantung dan mengangin-anginkan ketupat, kandungan air di dalam ketupat bisa segera mengering dan membuat ketupat tidak lembek. Ketupat pun lebih tahan lama dan tidak mudah basi.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

hidangan lebaran

Tips Menghidangkan Hidangan Lebaran Di Rumah Untuk Halal Bi Halal

cookies ice cream sandwich

Sisa Kue Lebaran Di Rumah Bisa Dikreasikan Kayak Gini Lho