Mau bikin ayam goreng yang renyah dan enak? Ini caranya!

cara membuat ayam goreng enak dan renyah
Foto: freepik/jcomp

Ayam goreng termasuk salah satu menu populer dan punya banyak penggemar. Makanan ini bahkan jadi menu andalan beberapa fast food ternama. Meski cara membuatnya terkesan gampang, namun sebenarnya pembuatannya cukup tricky. Jika kurang tepat, bisa-bisa ayam goreng tersebut kering dan gosong di luar tapi bagian dalamnya kurang matang.

Nah, perlu cara tepat agar ayam goreng tersebut enak dan renyah bagian luarnya dengan bagian dalam yang matang dan lembut. Seperti apa sih caranya? Ada beberapa tips yang bisa disimak.

Jangan goreng ayam beku

Untuk menjaga kualitas dan ayam tetap awet, biasanya ayam disimpan di dalam lemari es atau freezer. Tapi jika ingin digoreng, pastikan untuk mencairkan ayam terlebih dahulu sehingga sudah tidak beku lagi. Dengan begitu saat digoreng, ayam pun jadi tidak cepat gosong bagian luarnya dan mentah bagian dalamnya.

Jangan gunakan minyak terlalu panas

Memasukkan ayam pada minyak yang sudah terlalu panas, akan membuat ayam cepat gosong. Karena itu hindari memanaskan minyak secara berlebihan. Akan lebih baik jika menggunakan minyak dengan tingkat kepanasan sedang. Saat menggorengnya juga usahakan untuk menggunakan api sedang agar ayam tidak cepat gosong.

Perlu dilumuri bumbu lebih dulu

Melumuri ayam dengan air yang dicampur garam dan mendiamkannya selama kurang lebih 15 menit dapat membantu daging ayam jadi lebih cepat empuk. Selain itu rasa ayam juga jadi lebih enak dan gurih. Namun hindari menggunakan garam terlalu banyak agar tidak keasinan ya.

tips membuat ayam goreng
Foto: freepik//racool-studio

Baca juga: Yang harus dihindari saat mengungkep ayam agar empuk dan gurih

Teknik atau penggunaan tepung yang kurang tepat

Menggoreng ayam dengan tepung atau tanpa tepung, sama-sama harus sangat diperhatikan cara menggorengnya. Terutama jika ingin menggunakan tepung, bahan tepung yang digunakan dan tekniknya pun harus diperhatikan agar tidak alot dan terlalu tebal.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

cara membersihkan botol minum

Awas, perhatikan cara membersihkan botol minum dengan tepat!

cumi crispy

Kerap jadi andalan, ini ide menu seafood yang biasa dimasak di rumah