Tips membuat ayam bakar yang empuk dan lezat tanpa gosong

tips membuat ayam bakar empuk dan tidak gosong
Foto: freepik/rsdesign888

Ayam bakar termasuk salah satu menu favorit banyak orang di Indonesia. Tak jarang, menu ini juga jadi andalan dalam momen-momen spesial. Namun ternyata, membuat ayam bakar yang empuk, lezat dan tidak gosong itu gampang-gampang susah. Lebih parah lagi kalau ayam bakar tersebut gosong di bagian luar, tapi bagian dalamnya malah masih mentah.

Nah supaya ayam bakar yang dimasak sendiri di rumah hasilnya empuk, lezat dan tidak gosong, ada beberapa tips yang bisa diterapkan. Mudah kok!

Jangan gunakan ayam beku

Ayam yang masih beku jika dimasak memiliki risiko matangnya tidak merata. Sehingga bisa jadi bagian luarnya sudah tampak matang bahkan gosong, tapi bagian dalamnya masih mentah. Karena itu sebaiknya sebelum dimasak, ayam yang masih beku dibiarkan mencair terlebih dahulu.

Ungkep bersama bumbu

Untuk membuat ayam bakar yang empuk dan bumbunya meresap hingga ke dalam daging, sebaiknya jangan langsung membakar ayam yang masih mentah. Ungkep ayam dengan bumbu terlebih dahulu hingga ayam matang sebelum membakarnya. Langkah ini juga akan membuat ayam lebih gurih dan bumbunya meresap ke dalam daging, bukan hanya pada bagian luarnya saja.

Jangan bakar ayam dengan api besar

Membakar ayam dengan api besar akan membuat ayam cepat gosong pada bagian luarnya saja, namun bagian dalamnya kurang matang sempurna. Bukan hanya akan memberi efek pahit pada ayam, tapi efek gosong dari pembakaran tersebut juga kurang baik untuk kesehatan. Terlebih jika ayam tersebut dibakar langsung di atas bara api arang.

cara membuat ayam bakar yang enak, empuk dan tidak gosong
Foto: freepik/topntp26

Baca juga: Sempurna Dan Lezat, Ini Caranya Bikin Ikan Bakar Anti Lengket

Olesi dengan minyak atau mentega

Agar ayam tidak cepat gosong dan lengket pada saat dibakar, sesekali ayam bisa diolesi minyak atau mentega. Tapi jika ingin mendapatkan ayam bakar yang kering, sebaiknya tak terlalu sering mengoleskan minyak dan mentega. Cukup sesekali saja.

Bolak-balik ayam dan jangan terlalu lama membakarnya

Karena ayam sudah matang sebelum dibakar, jadi ayam tak perlu lagi dibakar terlalu lama. Usahakan juga untuk sering-sering membolak-balik ayam agar tidak gosong di salah satu sisi saja.

cara membuat ayam bakar tidak gosong dan empuk
Foto: freepik/jcomp
Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

resep dan cara membuat iwak karing batanak khas banjar

Resep dan cara membuat iwak karing batanak ala Banjar yang kaya rasa

sawut singkong makanan jadul yang langka

Makanan jadul yang kini makin susah ditemukan, harus coba sebelum lenyap