Tips biar masak jadi lebih cepat selama ramadhan

Gak kelamaan di dapur, deh!

Photo by Jason Briscoe on Unsplash

Di bulan puasa tahun ini, meski kebanyakan dari kita bekerja dari rumah, tetap saja terkadang ada hari dimana kesibukan sangat banyak. Ditambah lagi dengan aktivitas ibadah di bulan suci yang sayang jika dilewatkan, seperti tarawih dan membaca al-quran, membuat istirahat kita di malam hari terasa sangat pendek. Akibatnya, tidak jarang kita terlambat bangun sehingga waktu yang kita miliki untuk menyiapkan sahur tidak banyak lagi.

Kalau kita jeli, sebenarnya kita bisa menerapkan beberapa trik agar cepat dalam memasak. Trik ini bukan hanya berguna kalau kita telat bangun untuk mempersiapkan sahur, tapi juga dapat diterapkan dalam memasak hidangan berbuka puasa. Selain itu, mempersingkat waktu dalam memasak dapat membuat kita mengalokasikan waktu lebih banyak untuk melakukan aktivitas lainnya di bulan Ramadhan yang bernilai ibadah, seperti mendengar kajian, membaca al-quran, dan memperbanyak sholat sunnah.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kita terapkan agar memasak jadi lebih cepat:

 

Selalu sedia bahan makanan instan di rumah

Photo by Caroline Attwood on Unsplash

Bahan makanan instan di sini tidak selalu berkonotasi negatif, ya! Maksudnya adalah bahan-bahan makanan yang bisa disajikan dengan cepat, misalnya seperti fillet ayam atau ikan, dan frozen vegetable. Bahan-bahan instan dapat menghemat waktu memasak karena kita hanya perlu menambah bumbu dan memasaknya dengan cara sederhana.

Baca juga: Isu tentang makanan yang dibekukan dalam freezer, fakta atau mitos?

 

Membuat tumisan

Photo by Eiliv-Sonas Aceron on Unsplash

Aneka tumisan sangat mudah dan cepat dibuat, karena umumnya hanya berbumbu dasar bawang putih, lada, garam, dan cabai. Selain itu, menumis makanan ternyata membuatnya lebih cepat matang.

Kamu tidak perlu pusing memikirkan makanan apa yang yang ditumis, karena banyak sekali ragam sayuran dan bahan makanan yang cocok ditumis. Mulai dari wortel, kubis, tempe, tahu, tauge, dan bahan-bahan lain yang mudah kamu temui. Agar kandungan gizi dalam sayuran tidak hilang, pastikan kamu tidak memasaknya terlalu lama, ya! Lagipula, dengan menumis sebentar saja, tekstur sayuran menjadi tetap crunchy dan segar ketika dimakan.

 

Biar tidak berulang di kemudian hari, buat berbagai bumbu dasar saat waktu luang

Image source: makanabis.com

Tidak ada salahnya menggunakan waktu luang untuk membuat aneka bumbu dasar yang bisa digunakan untuk memasak beberapa kali. Bumbu-bumbu dasar yang umumnya digunakan dalam berbagai masakan antara lain bumbu dasar merah, putih, kuning, dan oranye yang kegunaannya pun berbeda-beda sesuai jenis makanan yang akan kita masak.

Memiliki persediaan bumbu dasar sangat berguna terutama ketika kita ingin membuat hidangan yang bumbunya lebih kompleks, seperti pepesan, soto, opor, dan lain-lain. Selain itu, jika disimpan dalam lemari es, bumbu ini bisa bertahan hingga tiga bulan, lho. Jadi, ketika waktu sudah mepet, kita hanya butuh mengambil bumbu dasar yang kita butuhkan dalam lemari es, deh.

Baca juga: Lebih hemat waktu, siapkan bumbu halus siap pakai di rumah

 

Harus paham teknik sederhana dalam memasak

Photo by Becca Tapert on Unsplash

Teknik-teknik sederhana dalam memasak yang berhubungan dengan peralatan maupun cara penggunaan alat-alat dapur perlu kamu ketahui agar tidak terjebak berlama-lama di dapur. Beberapa pengetahuan dasar yang perlu kamu tahu antara lain:

  • Potong-potong sayuran terlebih dahulu ketimbang langsung mencucinya
  • Gunakan selalu penutup panci ketika merebus untuk menjaga suhunya dari pengaruh luar dan memerangkap panas di dalam, sehingga masakan lebih cepat matang
  • Gunakan pan yang datar sehingga masakanmu tidak bergerombol dan untuk memberi ruang bagi makanan agar cepat matang
  • Masukkan bahan makanan ke penggorengan setelah minyak panas. Kamu bisa pastikan minyak dalam kondisi panas dengan mencoba memasukkan sejumput bahan ke dalamnya.

Itulah beberapa tips agar memasak menjadi lebih cepat, terutama saat bulan Ramadhan. Jangan biarkan waktu ramadhanmu habis hanya karena kelamaan di dapur, ya!

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Selalu ada di Bulan Ramadhan, ini sejarah makanan manis bernama Kolak

Dari manis sampai gurih, kenalan yuk dengan sajian khas Ramadhan dari Timur Tengah!