Tips belanja makanan sehari-hari di era new normal agar tak sering keluar rumah

tips berbelanja kebutuhan sehari-hari saat new normal
Foto: freepik/pressfoto

Membatasi diri untuk tidak keluar rumah di masa pandemi dan era new normal ini memang tak mudah. Selain bekerja, berbagai aktivitas lain masih harus kita jalani seperti biasa. Salah satunya berbelanja kebutuhan pokok dan bahan makanan untuk keluarga di rumah. Nah supaya kebutuhan terpenuhi tanpa harus sering keluar rumah untuk berbelanja, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Buat perencanaan

Seminggu sekali, sebulan sekali atau beberapa hari sekali, coba untuk buat perencanaan. Menu makanan apa saja yang akan disiapkan dan apa saja bahan yang dibutuhkan. Sehingga perencanaan tersebut akan membantu saat kita akan berbelanja. Bahan yang dibeli sesuai dengan yang dibutuhkan, waktu untuk berbelanja pun jadi lebih cepat. Jangan lupa untuk mencacat seteliti mungkin supaya tak ada yang terlupa ya.

Perhatikan tanggal kadaluarsa produk

Saat memilih produk-produk kemasan yang akan dibeli, usahakan untuk selalu memperhatikan tanggal kadaluarsanya. Jangan sampai karena asal mengambil, lalu produk yang kamu beli ternyata sudah kadaluarsa.

Sesuaikan porsi dengan kebutuhan

Hindari membeli apapun dalam porsi yang berlebihan. Apalagi panic buying. Gunakan perencanaan yang sudah kamu buat sebagai ukuran untuk membeli barang yang dibutuhkan dalam jumlah cukup. Membeli terlalu banyak juga dikhawatirkan produk rusak sebelum waktunya digunakan lho.

Baca juga: Kaya nutrisi, ini cara tepat menyimpan susu agar tak keracunan

Dahulukan produk yang cepat rusak

Sayur termasuk salah satu bahan makanan yang cepat layu. Karena itu ada baiknya sayur dan bahan lain yang cepat rusak digunakan lebih dahulu dibanding bahan-bahan lainnya. Sehingga kita bisa mendapatkan manfaat dan kandungan maksimal dari bahan yang masih segar tersebut.

Selalu dapatkan info, tips dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

cara menyimpan susu yang benar

Kaya nutrisi, ini cara tepat menyimpan susu agar tak keracunan

ide sarapan praktis dan mudah dengan nugget sandwich

Fish nugget sandwich, menu praktis untuk sarapan kala terburu-buru