Banyak Yang Menyarankan, Sebenarnya Apa Sih Manfaat Konsumsi Madu?

manfaat madu
Foto: halfbakedharvest.com

Sedari lama, madu dianggap memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Tak heran jika kemudian madu pun digunakan bukan cuma sebagai campuran makanan dan minuman, tapi juga sebagai obat. Bahkan banyak juga yang menyarankan untuk mengonsumsi madu secara rutin. Tapi sebenarnya apa sih manfaat konsumsi madu? Seberapa baguskah manfaat madu untuk tubuh?

Manfaat Konsumsi Madu Sebelum Tidur Itu Bikin Tidur Nyenyak

Madu dapat meningkatkan jumlah kecil kadar insulin saat minum madu sebelum tidur. Yang mana kadar insulin tersebut dapat merangsang pelepasan tryptophan di otak. Tryptophan itu kemudian diubah menjadi serotonin sehingga hormon relaksasi yang berkembang pun dapat membuat suasana hati membaik. Karenanya kamu bisa tidur lebih nyenyak setelah mengonsumsi madu sebelum tidur.

Mengobati Batuk Serta Sakit Tenggorokan

Batuk serta sakit tenggorokan tak jarang membuat kenyamanan tidur pun terganggu. Minum obat memang bisa mengobati batuk, tapi tahukah kamu kalau madu juga cukup efektif untuk mengobati batuk? Bahkan bukan hanya meredakan batuk, kamu juga bisa tidur lebih nyenyak setelah minum madu.

Dapat Membantu Mengatur Gula Darah

Madu mengandung kombinasi fruktosa dan glukosa yang tepat sehingga meskipun mengandung gula sederhana, tapi madu dapat membantu tubuh mengatur kadar gula darah. Beberapa jenis madu bahkan memiliki kandungan indeks hipoglekemik rendah. Sehingga kandungan tersebut tidak menyentak gula darah dan memiliki efek yang baik bagi tubuh.

manfaat konsumsi madu
Foto: freepeople.com

Baca Juga: 5 Menu Makanan Berbahan Tahu Yang Endeus Banget

Madu Juga Bisa Membersihkan Racun Dalam Tubuh Lho!

Ada baiknya kamu mengonsumsi air hangat yang dicampur dengan lemon dan satu sendok teh madu secara rutin. Karena ramuan tersebut dapat membantumu mendetoksifikasi atau membersihkan racun dalam tubuh lho! Hal itu karena madu merupakan antioksidan terbaik bagi tubuh.

Konsumsi Madu Dapat Menahan Lapar

Tahukah kamu kalau satu sendok makan madu ternyata setara dengan asupan 17 gram karbohidrat? Hal ini karena madu mengandung sejumlah gula alami seperti fruktosa, maltosa, glukosa serta sukrosa. Kandungan tersebut nantinya akan diolah menjadi kalori. Sehingga dengan sejumlah asupan karbohidrat tersebut, madu dapat menjadi pilihan tepat untuk meningkatkan kebutuhan energi. Madu mentah per cangkir mengandung 64 kalori, sehingga dapat memberi rasa kenyang pada malam hari.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

coklat cheesecake

Cheesecake Coklat Untuk Dessert Di Rumah, Mudah Tanpa Oven

soto banjar

Bentuk Keberagaman Kuliner, Ini Beberapa Jenis Soto Di Indonesia