Telur rebus Vs Telur goreng, yang mana pilihanmu?

telur rebus vs telur goreng
Foto: freepik

Telur memang termasuk salah satu bahan makanan yang mudah diolah sesuai keinginan. Kegunaannya yang beragam, membuat telur juga kerap dijadikan bahan dalam pembuatan kue atau bahkan campuran dalam jamu.

Tapi untuk dikonsumsi sehari-hari atau sebagai lauk, telur paling sering dimasak dengan cara direbus atau digoreng. Keduanya sama-sama terasa lezat dan punya keistimewaan sendiri-sendiri. Di antara keduanya, kamu sendiri lebih suka telur rebus atau telur goreng nih?

Telur rebus

  • Telur rebus memiliki kandungan mineral seperti fosfor yang sedikit lebih rendah dibanding telur goreng. Nilainya sekitar 9% dari nilai yang dianjurkan untuk sehari-hari.
  • Telur rebus memiliki kandungan 78 kalori, 6,3 gram protein, 0,6 gram karbohidrat dan 5,3 gram lemak, termasuk 1,6 gram lemak jenuh. Kandungan kalori dan lemak pada telur rebus ini lebih rendah dibanding kandungan kalori dan lemak pada telur goreng.
  • Saat direbus, telur dapat memberikan jumlah vitamin yang dimilikinya sebesar 10-15% dari berbagai vitamin dengan nilai sehari-hari yang dianjurkan.
kandungan telur rebus
Foto: freepik/timolina

Baca juga: Diyakini kaya protein dan nutrisi, apa saja sih sebenarnya manfaat telur untuk tubuh?

Telur goreng

  • Dibanding telur rebus, telur goreng memiliki kandungan mineral seperti fosfor yang sedikit lebih tinggi. Nilainya sekitar 10% dari nilai sehari-hari yang dianjurkan.
  • Berbeda dengan telur rebus yang memiliki kandungan kalori 78, kandungan kalori pada telur goreng meningkat lebih tinggi menjadi 90. Demikian juga dengan kandungan lemak, termasuk lemak jenuh di dalamnya yang meningkat menjadi 2 gr. Jumlah lemak ini setara dengan kira-kira 10% dari nilai sehari-hari yang dianjurkan.
  • Saat digoreng, kandungan vitamin yang ada di dalam telur jumlahnya sedikit berkurang. Sehingga tak lagi dapat memberikan sekitar 10-15% dari berbagai vitamin dengan nilai sehari-hari yang dianjurkan untuk tubuh.
kandungan telur goreng
Foto: freepik/narong27

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

kesalahan yang membuat cabai meletus saat digoreng

Tips untuk pemula, yang harus kamu tahu kenapa cabai meletus saat digoreng

beda matcha dan green tea

Kerap dianggap sama, sudah tau bedanya green tea dan matcha? Jangan bingung lagi ya