Tanda Peralatan Dapur Sudah Harus Diganti, Sebelum Makin Parah

peralatan dapur
Foto: sfgirlbybay.com

Normal kalau peralatan dapur yang sering digunakan memasak, lama-kelamaan jadi rusak. Itu bisa jadi tanda peralatan dapur harus diganti sebelum kerusakannya semakin parah dan bikin kegiatan memasak jadi kurang nyaman. Terlebih kalau peralatan yang rusak itu jadi merusak citarasa masakan atau parahnya lagi dapat memberi akibat buruk pada kesehatan. Sehingga ada baiknya kamu tahu kapan waktu yang tepat untuk mengganti berbagai peralatan dapur yang biasa kamu gunakan.

Wadah Anti Lengket Yang Mengelupas Itu Tanda Peralatan Dapur Harus Diganti

Lapisan anti lengket yang ada di bagian dalam wajan atau alat nanak nasi, memang mudah terkelupas dan rusak. Kalau sudah begitu, ada baiknya kamu segera menyingkirkan dan menggantinya dengan yang baru. Apalagi kalau pengelupasannya sudah cukup parah. Jika digunakan terus-menerus bukan hanya akan membuat masakan jadi menempel di wadah, tapi lapisan anti lengketnya juga bisa berbahaya jika tercampur dalam makanan.

tanda peralatan dapur harus diganti
Foto: Ilutrasi || healthynibblesandbits.com

Talenan Yang Permukaannya Sudah Mulai Menghitam

Talenan termasuk salah satu peralatan dapur yang setiap hari hampir selalu digunakan untuk memasak. Jadi jangan heran kalau permukaan talenan jadi cepat tergores, kotor dan rusak. Lama-kelamaan permukaan talenan pun akan menghitam jika sudah lama digunakan. Padahal talenan harus dijaga kebersihannya agar bakteri salmonella dan clampylobacter tidak berkembang biak di permukaan talenan. Bukan cuma sabun pencuci piring, ada baiknya kamu juga gunakan air hangat untuk membersihkan talenan agar masakan lebih higienis.

talenan
Foto: Pinterest

Kalau talenan yang kamu gunakan berbahan kayu, ada baiknya kamu juga tau cara merawat peralatan kayu agar tahan lama.

Wadah Yang Sudah Tak Bisa Ditutup Rapat

Wadah tertutup atau kotak makan kalau lama digunakan bisa melengkung. Tutup kotak pun lama-lama bisa retak sehingga kalau ditutup, jadi kurang rapat. Kalau sudah begitu, kotak makan sebaiknya segera diganti. Demikian juga kalau ada bau yang tak sedap dari kotak makan padahal sudah dicuci berkali-kali.

kotak makan
Foto: theapollobox.com

Baca Juga: Cara Menata Dapur Supaya Dapurmu Tampak Lebih Cantik

Blender Yang Mata Pisaunya Sudah Tidak Tajam

Mata pisau yang digunakan hampir setiap hari bisa berkurang ketajamannya. Demikian juga dengan mata pisau pada blender. Karena sulit mengasah dan menajamkan kembali mata pisau blender, maka mata pisau blender sebaiknya diganti. Sehingga menghaluskan bahan masakan pun jadi lebih mudah dan cepat. Jika karet blender juga mulai molor atau rusak, sebaiknya segera diganti sehingga tak membuat cairan bahan makanan yang diblender merembes keluar.

tanda peralatan dapur harus diganti
Foto: eatingbyelaine.com

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

kakap asam manis

Kakap Saus Asam Manis, Kelezatannya Bikin Nagih

tahu walik

5 Menu Makanan Berbahan Tahu Yang Endeus Banget