Tak hanya jadi bumbu utama dalam masakan, ini dia segudang manfaat bawang merah

fungsi bawang merah
Foto: standardmedia.co.ke

Bukan hanya bermanfaat untuk membuat makanan jadi lebih gurih, harum dan lezat, ternyata juga ada segudang manfaat bawang merah yang bagus untuk kesehatan. Manfaat ini tentu saja tak bisa disepelekan. Dengan beragam nutrisi di dalamnya, ini berbagai manfaat yang bisa didapatkan.

Bawang merah dapat membantu mencegah kanker

Bawang merah memiliki kandungan guercetin dan antosianin yang berkhasiat untuk menghambat dan menghancurkan sel kanker dalam tubuh. Karena itu bawang merah dikenal sebagai salah satu obat yang manjur untuk menghancurkan kanker sel kolon dan payudara.

Mempengaruhi kesehatan tulang

Mengonsumsi bawang merah 1x atau lebih dalam sehari, ternyata mampu meningkatkan kepadatan tulang hingga 5% lebih besar. Karena itu bawang merah dipercaya bagus untuk dikonsumsi oleh pada wanita pra atau pasca menopause. Bahkan bawang merah juga berpengaruh pada kesehatan gigi dan mencegah osteoporosis.

Mencegah cacat pada janin

Ibu hamil membutuhkan kandungan asam folat tinggi yang berpengaruh pada kesehatan janin. Pada 100 gram bawang merah terdapat 30 mikrogram folat, yang mana dapat membantu ibu hamil mencegah terjadinya cacat pada janin. Selain itu asam folat juga berperan bagi kesehatan ibu dan janin selama dalam masa hamil.

manfaat bawang merah
Foto: simplyrecipes.com

Baca Juga: Bukan Cuma Untuk Memberi Rasa Asin, Ini Fungsi Lain Dari Garam

Bagus untuk kesehatan jantung

Bawang merah juga memiliki kandungan sufida methylallyl dan asam amino sulfur yang berguna untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Yang mana hal ini juga berpengaruh dalam kesehatan jantung. Selain itu bawang merah juga dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi sehingga bagus untuk penderita diabetes.

Membantu proses pembuangan racun

Mengonsumsi bawang merah juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Sehingga hal tersebut membantu proses pembuangan racun atau detoksifikasi dalam tubuh manusia.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

potato cheese ball

Dari kentang, ini ide cemilan yang pasti disukai anak-anak

manfaat ikan asin

Tak perlu malu konsumsi ikan asin, ini manfaat ikan asin untukmu