Tak Akan Menyesal, Ini Makanan Khas Banten Yang Super Lezat

sate bandeng
Foto: pesonaindonesia.kompas.com

Indonesia punya beraneka ragam kuliner yang tak akan habis dicicipi satu per satu. Termasuk kuliner khas Banten yang sangat kaya citarasa. Jadi kalau kamu sedang di Banten, berikut beberapa makanan khas Banten yang harus dicicipi.

Sate bandeng

Kalau kamu menyukai ikan bandeng tapi sering merasa enggan memakannya karena durinya banyak, maka kamu harus mencicipi sate bandeng saat berkunjung ke Banten. Pasalnya sate bandeng ini sudah diolah dengan membuang duri-durinya. Sehingga kamu pun tak perlu kesulitan memakannya. Dengan campuran rempah-rempah yang khas, citarasa yang dihasilkan pun semakin kaya dan bikin ketagihan.

sate bandeng
Foto: pesonaindonesia.kompas.com

Rabeg kambing banten

Saat menikmati hidangan yang satu ini, kamu mungkin akan teringat seperti tengah menikmati makanan Timur Tengah. Pasalnya rabeg menggunakan kapulaga dan bunga lawang sebagai campuran bumbu pembuatannya. Apalagi bahan utama yang biasa digunakan adalah kambing yang khas dengan makanan Timur Tengah.

rabeg kambing banten
Foto: phinemo.com

Nasi bakar sum-sum

Nasi ini sudah ada sejak tahun 1941. Merupakan nasi biasa yang dicampur sumsum tulang kemudian dibakar. Dengan campuran sumsum tulang, citarasa nasi bakar ini jadi lebih unik dan mantap. Dibakar dengan daun pisang, nasi ini biasa disajikan dengan lauk ikan teri, suwiran ayam, atau daging cincang.

nasi sum-sum
Foto: instagram/ridhokelana_

Baca Juga: Kuliner Khas NTT Yang Bakal Bikin Kamu Pengen Balik Lagi

Kue pasung

Dibuat dari olahan tepung beras, tepung sagu, santan serta gula merah, kue ini dimasak dengan cara dikukus dalam wadah yang terbuat dari daun pisang dengan dibentuk kerucut. Dengan rasa manis gula merah dalam campuran bahannya, kue ini punya tekstur kenyal dan beraroma daun pisang.

kue pasung banten
Foto: Instagram/boyaankk

Balok menes

Bahan utama dalam kue ini adalah singkong atau ubi kayu yang dihaluskan. Sekilas kue ini mirip dengan gethuk. Biasanya kue ini disajikan dengan minyak kelapa dan serundeng yang ditaburkan di atasnya. Untuk membuat hidangan ini semakin gurih, biasanya ada taburan bawang merah goreng di atasnya sebagai tambahan.

balok menes
Foto: Instagram/ayinoel
Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

manfaat edamame

Bukan Cuma Enak, Edamame Juga Punya Banyak Manfaat

nasi liwet sunda makanan khas jawa barat

Jawa Barat, ini makanan khas dari tanah sunda yang tak boleh dilewatkan