Supaya bersih, rapi dan tak bau, ini cara menata kulkas yang benar

cara menata kulkas agar rapi bersih dan wangi
Foto: goodhousekeeping

Rasanya kesal ya kalau melihat kulkas yang isinya berantakan? Bukan hanya menyulitkan saat mencari bahan makanan yang dibutuhkan, tapi juga terlihat kurang cantik. Gawatnya, hal itu bisa merusak mood dan hati jadi kacau.

Nah, supaya isi kulkas jadi lebih rapi dan bersih ada beberapa trik yang bisa dilakukan. Bonusnya, lemari es pun jadi terhindar dari bau-bau tak sedap.

Keluarkan semua isi kulkas

Untuk mulai merapikan, keluarkan semua isi kulkas terlebih dahulu. Lihat apa saja yang ada di dalam kulkas. Terkadang karena terlalu banyak memasukkan makanan baru, kita jadi lupa pernah menyimpan bahan atau makanan tertentu. Jangan lupa perhatikan juga semua bahan makanan tersebut. Sisihkan jika ada yang sudah kadaluarsa atau busuk agar tidak membuat makanan lain terkontaminasi.

Gunakan wadah kemudian beri label

Gunakan wadah tertutup untuk menyimpan berbagai bahan makanan agar lebih rapi dan tertata cantik. Dengan begitu, wadah bisa saling ditumpuk dan space di dalam lemari es lebih dimaksimalkan penggunaannya.

Agar lebih mudah menemukan bahan makanan yang dibutuhkan, sebaiknya beri label nama pada masing-masing container box. Pemberian tanggal penyimpanan juga bisa dilakukan agar tau bahan mana yang lebih dulu disimpan.

Berikan zona khusus untuk camilan

Terkesan sepele, namun menyimpan camilan dalam zona khusus di dalam kulkas ternyata banyak manfaatnya lho. Lebih mudah menemukan camilan, isi kulkas pun tak jadi berantakan.

cara merapikan kulkas agar bersih rapi dan harum
Foto: addisonswonderland

Manfaatkan sesuatu yang tak terpakai

Terlalu banyak yang disimpan di dalam lemari es, akan membuatnya jadi penuh sesak. Tentu saja hal itu jadi menyulitkan kita saat akan mengambil yang ada di bagian belakang. Untuk mengakalinya, tutup toples bulat yang sudah tak terpakai bisa dimanfaatkan sebagai alas peletakan bahan makanan. Saat ingin mengambil makanan, toples tinggal diputar. Jadi lebih mudah dijangkau bukan?

Baca juga: Kesalahan menyimpan makanan di dalam kulkas yang sering terjadi

Beri area atau wadah khusus untuk makanan yang harus dihabiskan lebih dulu

Ada beberapa makanan yang daya tahannya tak bisa lama. Ada juga sisa makanan yang jika disimpan terlalu lama akan membuatnya jadi rusak. Tempatkan makanan-makanan tersebut dalam satu area, kemudian beri tanda kalau harus dihabiskan lebih dulu dibanding makanan lainnya.

Selalu dapatkan info, tips dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

resep dan cara membuat tahu campur surabaya

Resep dan cara membuat tahu campur khas Lamongan, anti gagal

beda taro dan ubi ungu

Sama-sama ungu, taro ternyata tak sama dengan ubi ungu