Sudah tak layak pakai, ini ciri-ciri waktunya ganti talenan baru

talenan kayu sudah waktunya ganti
Foto: shopmazama.tumblr.com

Tak semua peralatan dapur ternyata bisa digunakan selamanya. Masing-masing peralatan memiliki masa ketahanan yang berbeda-beda. Misalnya seperti talenan. Ada saatnya talenan harus diganti dengan yang baru. Untuk mengenalinya, ada beberapa tanda atau ciri yang bisa diperhatikan.

Permukaannya sudah tak rata

Seiring berjalannya waktu karena sering digunakan, lama-kelamaan permukaan talenan akan berubah jadi tak rata. Entah lubang karena penggunaan atau kerusakan-kerusakan lainnya. Kalau sudah tak rata, biasanya talenan pun jadi kurang nyaman lagi digunakan untuk mengiris-iris bahan makanan bukan? Karena itu talenan yang permukaannya sudah tak rata, sebaiknya segera diganti dengan talenan yang baru.

Guratan talenan sudah banyak dan dalam

Akibat seringnya tergores pisau, lama-kelamaan akan muncul tanda guratan pada permukaan talenan. Guratan-guratan tersebut akan menjadi semakin banyak dan dalam. Nah jika sudah begitu, sebaiknya talenan yang digunakan segera diganti dengan yang baru. Pasalnya guratan-guratan pada talenan tersebut dapat menjadi sarang bakteri yang berbahaya bagi tubuh.

Warnanya berubah

Ada beberapa bahan makanan yang memiliki warna cukup kuat. Sehingga saat dipotong di atas talenan, warna dari bahan makanan tersebut kemungkinan akan tertinggal dan membekas pada permukaan talenan. Semakin lama digunakan dan dicuci, warna asli talenan pun akan terpengaruh dan jadi berubah.

Muncul jamur

Terutama talenan kayu, jika digunakan dalam waktu yang lama kemungkinan permukaannya akan ditumbuhi jamur. Sudah cukup jadi pertanda untuk mengganti talenan lama dengan talenan baru bukan? Sehingga dapat menghindari risiko terkontaminasi bakteri yang tertimbun pada permukaan talenan.

ciri talenan harus ganti
Foto: wayfair.com

Baca juga: Wajan Sering Lengket Untuk Menggoreng, Ini Cara Menghindarinya

Sudah lebih dari masa penggunaan

Ada masa penggunaan pada beberapa peralatan dapur. Untuk talenan, sebaiknya diganti setiap 3 tahun sekali. Namun untuk talenan kayu, sebaiknya diganti setahun sekali ya. Sehingga talenan pun lebih aman digunakan dan tak menjadi sarang bakteri yang mengganggu kesehatan.

tanda talenan sudah harus ganti
Foto: theinspiredroom.net
Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

teknik barbeque khas indonesia

Doyan menu barbeque? Indonesia ternyata punya teknik bebakaran yang khas lho

resep dan cara membuat batagor siomay

Resep dan cara membuat batagor siomay seenak abang-abang langganan