Makanan Khas Solo, Sekali Nyobain Siap-Siap Dibikin Ketagihan!

selat solo
Foto: momylicious.com

Solo jadi salah satu kota jujukan wisatawan yang hampir tak pernah sepi. Bukan cuma tempat wisatanya yang ramai dikunjungi, ragam kulinernya pun tak kalah digemari. Kekayaan minuman dan makanan khas Solo selalu berhasil memuaskan hasrat para traveler dan penggemar kuliner.

Bahkan tak hanya bisa didapatkan di Solo, ragam makanan khas Solo ini kini banyak dijual di berbagai daerah. Apa saja ragam kulineran itu?

Nasi Liwet

Makanan yang satu ini jadi makanan kuliner khas Solo yang hits banget. Disajikan dengan alas daun pisang yang dipincuk, hidangan ini terdiri dari nasi gurih seperti nasi uduk sebagai menu utama dengan tambahan sayuran labu siam, daging ayam, telur, santan kental serta opor.

Belum lengkap kalau ke Solo tapi belum mencicipi menu ini. Karena itu meski ada penjual nasi liwet di sekitar tempat tinggalmu, tapi kalau kamu ke Solo jangan lupa untuk menyoba hidangan khas yang satu ini.

nasi liwet makanan khas solo
Foto: Instagram/hesti88

Serabi

Serabi atau dikenal juga dengan nama surabi, memang sudah cukup dikenal luas. Bahkan belakangan ini, serabi pun banyak dijual dengan topping dan beragam varian yang kekinian. Namun kalau ke Solo, kamu wajib mencoba jajanan ini langsung dari tempat asalnya. Pasalnya berbeda dengan serabi atau surabi asal daerah lain, serabi Solo yang berasal dari daerah Notosuman memiliki bentuk yang lebih tipis dan biasanya dihidangkan tanpa kuah manis.

Terbuat dari tepung beras, santan, gula, garam dan diberi daun pandan, serabi punya tekstur kenyal, lembut dan legit.

serabi solo
Foto: ncc-indonesia.com

Selat Solo

Dilihat dari namanya saja, kamu pasti sudah tahu kalau makanan ini merupakan makanan khas Solo. Meski makanan ini memang benar merupakan kuliner khas Solo, tapi makanan ini justru terinspirasi dari slaatje atau salad yang banyak disantap pada zaman penjajahan Belanda yang telah dibuat sesuai dengan lidah masyarakat Solo.

Bukan cuma terdiri dari irisan daging yang tampak seperti steak, kamu juga akan mendapati telur, potongan buncis, wortel serta kentang yang kemudian disiram dengan kuah semur. Endeus deh!

selat solo
Foto: momylicious.com

Dari berbagai hidangan khas Solo tersebut, mana saja nih yang sudah kamu coba? Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

mengupas kulit udang

Awas Hancur, Ini Cara Mengupas Udang Yang Benar

memasak dengan teflon

Cukup Pakai Teflon, Kamu Sudah Bisa Bikin Aneka Hidangan Ini Lho