Sering Dijadikan Menu Diet, Ini Manfaat Gandum Untuk Kesehatan

kandungan gandum
Foto: thelittlecorner.tumblr.com

Gandum sering dijadikan sebagai salah satu menu diet. Selain itu gandum juga sering menjadi menu makanan sehat. Dengan berbagai kandungan yang ada di dalam tanaman gandum yang dianggap baik, sebenarnya apa saja manfaat gandum yang sesungguhnya?

Manfaat Gandum Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol

Salah satu kemampuan dari kandungan yang terdapat di dalam gandum adalah kemampuannya untuk mencegah tubuh menyerap kolesterol. Dengan manfaat ini, tubuh pun jadi tak mudah terkena serangan jantung.

Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut

Gandum memiliki kandungan yang dapat mencegah peradangan. Dengan kemampuan tersebut, mengonsumsi gandum secara rutin pun dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik.

Gandum Juga Dapat Membantu Menurunkan Resiko Kanker

Gandum memiliki kandungan serat dan peran sebagai prebiotik yang dipercaya memiliki manfaat dapat membantu menurunkan risiko kanker. Terlebih kanker usus besar. Selain itu, gandum juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu memperlambat perkembangan kanker.

gandum
Foto: iStock

Baca Juga: Sering Dijadikan Pengganti Nasi, Ini Manfaat Kentang Bagi Kesehatan

Membantu Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Gandum merupakan makanan kaya serat. Sehingga gandum pun seringkali menjadi cara paling efektif untuk mengurangi sindrom metabolik tubuh. Di mana yang termasuk dalam sindrom metabolik tersebut adalah obesitas visceral, trigliserida tinggi, rendahnya tingkat kolesterol HDL dan tekanan darah tinggi. Kandungan ini pun sangat efektif untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Meningkatkan Sistem Pencernaan Tubuh

Karena kaya akan kandungan serat, tak heran jika mengonsumsi gandum dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan tubuh sehingga dapat bekerja lebih teratur dan menjadi lebih sehat. Selain itu, gandum juga dapat mencegah divertikulosis, yaitu pembentukan katung kecil dalam dinding usus besar yang dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan.

manfaat gandum
Foto: cookyourdream.com

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

nasi uduk rice cooker

Biasa Makan Nasi, Ini Menu Sarapan Serba Nasi Yang Bisa Dinikmati Bergantian

bubur suro tradisi tahun baru jawa

Bubur Suro, Makanan Khas Sebagai Tradisi Perayaan Tahun Baru Jawa