Sering dihindari, ini guna santan yang belum banyak diketahui

kegunaan santan
Foto: paleogrubs.com

Santan kerap diyakini sebagai salah satu bahan masakan yang banyak memberi dampak kurang baik bagi tubuh. Karenanya, makanan yang mengandung santan kerap dihindari terutama oleh orang yang khawatir akan risiko kolesterol. Padahal ternyata ada banyak kegunaan santan, yang mungkin juga belum diketahui.

Memperkuat dan memperkaya rasa masakan

Santan banyak digunakan pada masakan yang membutuhkan citarasa bumbu kuat seperti kari, gulai, opor, rendang dan lain-lain. Penggunaan santan sebagai salah satu bahan utama diyakini dapat memperkuat dan memperkaya rasa masakan. Makanan pun jadi terasa lebih gurih dan sedap.

Juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh

Sudah tahu belum kalau santan kaya akan kandungan zat besi, magnesium, pospor, tembaga, selenium, seng serta folat? Selain kandungan-kandungan tersebut, santan juga mengandung vitamin A, D, E, K dan juga B16 lho. Berbagai kandungan ini merupakan nutrisi yang baik dan juga dibutuhkan oleh tubuh.

Sebagai pengganti susu bagi penderita intoleransi laktosa

Susu kerap dihindari oleh penderita intoleransi laktosa. Karena itu berbagai makanan dan minuman yang mengandung susu juga dihindari oleh mereka. Nah agar dapat menikmati berbagai hidangan yang membutuhkan susu, seperti es kopi susu, es krim atau pasta, penggunaan susu dalam campuran bahannya bisa diganti dengan santan kelapa. Rasanya tak kalah enak dengan yang menggunakan susu!

Baca juga: Buah idola sejuta orang, ini manfaat mengonsumsi pisang untuk tubuh

Kaya akan antioksidan

Selain memiliki kandungan zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan mencegah penuaan, santan juga mengandung asam yang dapat membunuh organisme pemicu penyakit jantung. Karena itu jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, santan justru baik untuk kesehatan.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

cara membuat dan resep fish taco

Resep Fish Taco, Makanan Sehat Yang Tetap Enak Dan Gampang Bikinnya

cara membuat dan resep es krim edamame

Pernah membayangkan rasa es krim edamame? Coba yuk!