Sering digunakan untuk masak, ini beberapa jenis kecap dan kegunaannya

jenis jenis kecap dan kegunaannya
Foto: freepik/jcomp

Orang Asia, seperti Indonesia, cukup suka menambahkan kecap pada masakan. Selain dapat membuat makanan tampak lebih menarik dan cantik, tapi citarasanya pun jadi berbeda dan semakin lezat.

Jenisnya pun cukup bermacam-macam. Mulai dari yang biasa kita gunakan di rumah seperti kecap manis dan kecap asin, hingga yang cukup jarang digunakan di Indonesia seperti kecap ikan dan kecap jamur. Nah, dari jenis-jenis kecap tersebut kira-kira apa saja kegunaan masing-masingnya dalam masakan?

Kecap asin

Kecap asin termasuk salah satu jenis kecap yang populer di Indonesia. Tergambar dari namanya, kecap ini memiliki citarasa asin. Karena itu kecap ini pun bisa dijadikan pengganti garam untuk mengurangi penggunaan garam berlebih. Jenis kecap ini kegunaannya lebih banyak untuk menu makanan China.

Kecap inggris

Menu daging seperti bistik, sapi lada hitam hingga ayam mentega termasuk beberapa contoh menu yang biasanya dimasak dengan campuran kecap inggris. Jenis kecap ini juga memiliki citarasa yang cenderung asin, meski tak seasin kecap asin.

Salah satu kekuatan kecap inggris ada pada aromanya yang wangi dan cukup kuat.

Kecap manis

Siapa yang tak kenal dengan kecap manis? Jenis kecap ini merupakan yang paling populer dan ada di hampir seluruh dapur orang Indonesia. Bukan hanya bisa digunakan untuk campuran bahan masakan seperti nasi goreng, semur serta ayam kecap, kecap manis juga biasa dijadikan pelengkap hidangan seperti sambal kecap, soto ayam hingga bakso.

kecap manis dan kegunaannya
Foto: daringgourmet.com

Baca juga: Macam saus dan kegunaannya untuk berbagai hidangan, jangan salah lagi ya (Part 1)

Kecap ikan

Dibuat dari fermentasi ikan, kecap ikan juga memiliki rasa yang cenderung asin meski tak seasin kecap asin. Di Indonesia kecap jenis ini mungkin belum se-familiar jenis kecap asin dan kecap manis. Tapi karena bahan utamanya dari ikan, kecap ini memiliki aroma wangi dan sedap. Cocok digunakan untuk hidangan seafood, Chinese food juga makanan Jepang.

Kecap jamur

Selain kecap ikan, kecap jamur juga termasuk jenis kecap yang popularitasnya tak setinggi kecap asin dan kecap manis. Meski jamur hanya digunakan sebagai bahan tambahan dan bukan bahan utama, namun kehadirannya dapat memperkuat rasa. Biasanya warna kecap ini tampak lebih gelap dibanding kecap asin biasa. Dalam kegunaannya, kecap jamur kerap digunakan pada menu-menu vegetarian.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

salad wrap menu dengan bahan tortilla

Ide menu lezat dengan tortilla, variatif dan praktis

resep dan cara membuat suwir pindang tongkol kemangi

Suwir pindang tongkol, menu rumahan yang simpel dan lezat