Sering Digunakan, Apa Keunggulan Yang Dimiliki Piring Keramik?

piring keramik
Foto: carousell.com

Tahu nggak sih kalau ternyata pemilihan peralatan makan seperti piring, ternyata berperan penting dalam menjaga kesehatan?! Karena ternyata kalau salah dalam memilih material piring makan, akibatnya bisa fatal lho. Nah, supaya bisa lebih berhati-hati dalam memilih piring makan, ada baiknya simak dulu beberapa keunggulan yang dimiliki piring makan keramik.

Piring Keramik Dibuat Dengan Proses Panjang

Pembuatan piring berbahan keramik diproses secara teliti oleh para pengrajinnya. Karena pembuatan yang tidaklah mudah tersebut, alat makan itu pun bisa berfungsi secara maksimal untuk digunakan.

Meski seiring dengan perkembangannya proses pembuatan tersebut tidak seluruhnya dilakukan oleh manusia, tapi prosesnya tetap tidak mudah karena harus melalui proses pencampuran bahan keramik sehingga satu per satu bisa dibentuk menjadi sebuah piring.

keunggulan piring keramik
Foto: hauspanther.com

Piring Keramik Banyak Digunakan Karena Aman Untuk Kesehatan

Soal kesehatan sudah pasti harus jadi pertimbangan yang tidak boleh dilupakan. Dibanding peralatan makan yang terbuat dari plastik, piring keramik lebih aman digunakan untuk makanan panas. Karena bahan yang digunakan untuk pembuatan piring keramik sangat aman untuk kesehatan tubuh manusia, maka tak heran kalau piring ini banyak dijadikan pilihan.

Hal ini berkaitan dengan proses pembuatannya. Piring keramik membutuhkan proses pembakaran dengan suhu 1500°C – 3000°C. Karenanya peralatan yang terbuat dari keramik relatif lebih aman digunakan untuk makanan panas. Bahkan peralatan makan berbahan keramik pun bisa digunakan untuk menghangatkan makanan di dalam microwave.

peralatan makan dari keramik
Foto: idainteriorlifestyle.com

Baca Juga: Agar Aman Untuk Anak, Ini Cara Menata Dapur Ramah Anak

Warna-Warni Sih, Tapi Cat Yang Digunakan Tetap Aman Kok!

Kalau dilihat-lihat, piring keramik memang banyak yang dicat warna-warni. Jadi tak heran kalau kemudian timbul pertanyaan, cat ini aman tidak jika terkena makanan dan masuk ke dalam tubuh?

Tapi tenang saja. Karena meski menggunakan cat warna-warni, tapi penggunaan cat ini tetap aman kok. Sebab setelah peralatan makan diberi cat, akan kembali dilakukan proses pembakaran di suhu tinggi ± 1500°C – 3000°C. Sehingga cat pada piring keramik pun terlihat mengkilap.

Karena itu meski makanan panas dituangkan di atas piring keramik atau piring dimasukkan ke dalam microwave, cat tersebut tidak melepaskan residu atau zat kimia yang berbahaya bagi tubuh manusia. Jadi kita tetap dapat menikmati cita rasa masakan dan minuman yang dihidangkan panas tanpa perlu khawatir.

peralatan makan keramik
Foto: Pinterest

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

makaroni tuna

Luluhkan Hati Istri, Suami Bisa Coba Masak Ini Di Rumah

gado-gado

Berbahan Sayur, Ini Salad Khas Indonesia Penuh Kearifan Lokal