Selalu ada di Bulan Ramadhan, ini sejarah makanan manis bernama Kolak

Kolak pisang. Image source: doyanresep.com

Kolak merupakan makanan yang identik dengan bulan puasa. Makanan bercita rasa manis dan sedikit gurih ini menjadi menu takjil yang digemari dan mudah dijumpai di berbagai penjaja makanan. Bagi sebagian orang, terasa ada yang kurang jika dalam satu bulan puasa tidak berbuka dengan kolak sama sekali. Melekatnya kesan makanan ini dengan bulan puasa ternyata tidak lepas dari sejarah kolak yang pernah menjadi media penyebaran Islam di pulau Jawa.

Dalam menyebarkan agama Islam, para ulama di pulau Jawa menggunakan berbagai media agar pesan yang disampaikan dapat dengan mudah diterima masyarakat pada saat itu. Salah satu media yang digunakan ulama adalah makanan. Pemberian nama kolak pada makanan ini sengaja dicocokkan dengan kata dalam bahasa Arab. Kolak merupakan selentingan dari Kholik, kata dalam bahasa Arab yang berarti sang pencipta. Hal ini dimaksudkan untuk mengajak masyarakat untuk selalu mengingat Sang Pencipta, yaitu Allah SWT.

Bahan-bahan yang menjadi komposisi makanan ini pun tidak kalah filosofisnya. Pisang yang biasa digunakan untuk membuat kolak adalah jenis pisang Kepok, yang diserupakan dengan kata ‘kapok’. Diharapkan orang yang memakannya merasa kapok atas perbuatan dosa yang telah dilakukannya.

Pisang. Image source: freepik.com/lifeforstock

Selain pisang, bahan lain yang digunakan sebagai campuran kolak adalah ubi, yang dalam bahasa Jawa dikenal sebagai telo pendem, dengan maksud agar manusia mengubur kesalahan-kesalahannya dan melanjutkan hidup dengan lebih baik di jalan Tuhan. Kuah kolak yang berbahan dasar santan, merujuk pada kata ‘pangapunten’ yang berarti permohonan ampun, dengan menyesuaikan pelafalan orang Jawa, ‘santen’.  Hal ini dimaksudkan agar manusia selalu memohon ampun kepada sang Khalik.

Photo by Louis Hansel @shotsoflouis on Unsplash

Kolak yang awalnya hanya disajikan pada bulan Sya’ban (bahasa Jawa: Ruwah), diteruskan penyajiannya sampai Ramadhan, dengan maksud agar di bulan puasa manusia lebih banyak lagi mengamalkan hal-hal baik yang disiratkan dalam makanan ini.

Itulah sekilas mengenai sejarah kolak. Ternyata bukan suatu kebetulan bahwa makanan ini menjadi sajian yang selalu ada di bulan Ramadhan. Apakah kolak menjadi sajian favoritmu setiap bulan Ramadhan?

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Simpelnya Cara Membuat Omelet Egyptian Feta Cheese Roll Beserta Resepnya

Tips biar masak jadi lebih cepat selama ramadhan