Sederet makanan khas nusantara berbahan dasar santan, gurih banget!

gulai kambing
Foto: dentistvschef.com

Siapa yang tidak tahu kalau Indonesia punya kuliner yang beragam? Kuliner-kuliner khas Indonesia ini pun dibuat dengan kreatif. Dari berbagai kuliner khas nusantara, ada sederet makanan khas nusantara yang dibuat dengan bahan dasar santan.

Bahan utama ini membuat makanan-makanan ini jadi lebih gurih dan istimewa. Jadi kalau sedang ingin yang gurih-gurih, deretan makanan berbahan dasar santan ini bisa kamu jadikan pilihan.

Opor

Opor termasuk salah satu makanan andalan nusantara. Termasuk saat hari raya. Rasanya belum lebaran kalau belum menikmati hidangan gurih berbahan dasar santan ini bersama keluarga di rumah.

opor ayam makanan berbahan dasar santan
Foto: hesti’s kitchen

Soto Betawi

Soto Betawi punya karakter yang berbeda dengan Soto Lamongan. Kalau Soto Lamongan kuahnya cenderung bening, Soto Betawi justru punya kuah yang cenderung keruh. Salah satu bahan dasar utama pembuatan Soto Betawi adalah santan. Karena itu Soto Betawi punya rasa yang gurih, kuat dan lezat.

soto betawi
Foto: instagram/kulineryogya

Gulai

Gulai termasuk salah satu makanan khas nusantara berbahan dasar santan yang paling favorit. Warna kuning kunyitnya membuat kuah gulai tampak semakin menggiurkan. Cita rasa lezat dan gurihnya gulai bahkan juga dikagumi oleh orang luar negeri.

gulai kambing
Foto: dentistvschef.com

Baca juga: Olahan rujak di Indonesia, ternyata banyak banget macamnya

Kari ayam

Tak kalah menggiurkan seperti gulai, kari ayam juga termasuk salah satu makanan yang menggunakan santan sebagai bahan utamanya. Kari ayam khas Indonesia juga termasuk salah satu makanan nusantara yang cukup populer dan punya banyak penggemar. Kari ayam dengan kuahnya yang kental ini biasa dinikmati dengan nasi putih.

kari ayam makanan dari santan
Foto: travelling-foodies.com

Kue serabi

Bukan hanya makanan-makanan berat, jajanan Indonesia juga tak sedikit yang menggunakan santan sebagai bahan utama. Salah satunya kue serabi. Kue yang merupakan jajanan khas Jawa sejak tahun 1923 ini punya dua jenis, yaitu manis dan gurih. Belakangan, kue serabi mulai banyak dijual dengan kreasi kekinian menggunakan topping yang bermacam-macam.

kue serabi jajanan berbahan santan
Foto: catatan-nina.blogspot.co.id

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

manfaat kayu manis untuk kesehatan tubuh

Gunakan kayu manis untuk racikan minuman, ini manfaat yang bisa didapat tubuh

onigiri tuna mayo

Onigiri tuna mayo, sajian praktis yang bisa dijadikan bekal untuk piknik