Sate Ulat Sagu Hingga Aunu Senebre, Kuliner Tradisional Khas Papua yang Tidak Biasa

Foto: ksmtour

Papua memiliki tradisi dan budaya yang sangat kaya akan keunikannya. Kuliner Papua khususnya!  Mungkin beberapa orang masih asing dengan beberapa kuliner khas Papua seperti Sate Ulat Sagu, Papeda, Udang Selingkuh dan masih banyak lainnya.

Beberapa kuliner ini bahkan mungkin tampak unik dan tak biasa bagi kita. Tapi kalau sedang di Papua, sebaiknya tak melewatkan kesempatan untuk mencobanya secara langsung ya. Nah apa saja kuliner khas Papua yang unik itu? Simak yuk!

1. Sate Ulat Sagu Sate yang satu ini dari ulat lho! Iya ulat sagu adalah salah satu makanan khas di adat papua. Jangan salah tafsir, karena ulat sagu ini ternyata memiliki protein dan gizi tinggi yang tentunya baik bagi kesehatan.

kuliner khas papua
Foto: Istimewa

2. Ikan Bakar Manokwari

Dari Manokwari ikan bakar manokwari dengan bumbu khas yang pedas. Masakan ini tersedia di rumah makan umum di Papua Barat.

Foto: Istimewa

3.  Aunu Senebre

Nah, makanan yang satu ini dibuat dari nasi putih dan ikan teri. Bumbu yang digunakan juga sederhana dan cocok bagi pemula yang tertarik untuk mencoba masakan khas Papua.

kuliner papua
Foto: Instagram @ayojalantour

4. Papeda

Bertekstur lengket dan berwarna putih, papeda adalah bubur sagu. Karena tidak diberi perasa, papeda biasanya disantap dengan lauk ikan goreng atau bakar yang sudah dibumbui.

kuliner papua
Foto: ksmtour

5. Ikan Bakar Colo-colo

Ikan dabu-dabu segar yang ditangkap dari laut, dibakar lalu disiram dengan perasan jeruk nipis, irisan cabe rawit, bawang merah, irisan tomat dan bumbu sederhana. Rasa sambal colo-colo  yang pedas dan segar membuat ikan dabu-dabu bakar makin sedap disantap!

Foto: Cookpad

6. Es Buah Matoa

Buah matoa asli dari tanah Papua ini dibuat menjadi minuman segar yang biasanya disajikan dengan hidangan snack ringan. Minuman segar ini diracik dengan potongan buah matoa, kolang-kaling, agar-agar. dan es batu, serta ramuan rempah asli Papua.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

cara khas minum kopi

Budaya Unik ‘Ngunjuk’ Kopi Khas Indonesia

menjaga ketajaman pisau

Tips Menjaga Ketajaman Pisau dari Ahlinya