Sama-sama ungu, taro ternyata tak sama dengan ubi ungu

beda taro dan ubi ungu
Foto: pichet-suriya

Taro sering kali dianggap sama dengan ubi ungu. Pasalnya keduanya memang memiliki warna yang sama-sama ungu. Padahal taro dan ubi ungu sangat jauh berbeda. Lalu apa saja perbedaannya?

Jenis

Ubi ungu tentu saja merupakan bagian dari jenis tumbuhan ubi. Sedangkan taro, meski sama-sama berwarna ungu namun merupakan tumbuhan dari jenis talas. Karena itu keduanya juga benar-benar berbeda secara rasa, tekstur serta bentuknya.

Warna

Dilihat sekilas, taro dan ubi ungu memang tampak sama-sama memiliki warna ungu. Padahal jika diperhatikan lebih detail lagi, warna asli keduanya cukup berbeda. Ubi ungu memiliki warna ungu yang cenderung tua, sedangkan taro biasanya tak berwarna ungu penuh. Warnanya putih dengan bintik-bintik atau titik berwarna ungu.

Rasa

Belakangan, taro cenderung lebih populer sebagai varian rasa dibanding ubi ungu. Hal ini karena taro memiliki rasa yang cenderung hambar, sehingga taro dianggap lebih mudah dan fleksibel dipadukan dengan berbagai bahan makanan. Sedangkan ubi ungu memiliki rasa yang cenderung lebih manis. Sehingga tanpa diolah macam-macam, ubi ungu rebus pun sudah terasa lezat disantap.

Baca juga: Supaya bersih, rapi dan tak bau, ini cara menata kulkas yang benar

Tekstur

Tekstur daging keduanya pun begitu berbeda. Taro memiliki tekstur yang cenderung kasar. Karena itu setelah dimasak pun, tekstur daging ubi ungu pun terasa lebih lembur dan lembek dibanding taro yang cenderung kasar dan padat.

Selain dari daging, kulit keduanya pun berbeda. Ubi ungu memiliki kulit yang lebih halus dibanding taro yang kasar serta memiliki serat.

perbedaan taro dan ubi ungu
Foto: freepik/touch-eyes
Selalu dapatkan info, tips dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

cara menata kulkas agar rapi bersih dan wangi

Supaya bersih, rapi dan tak bau, ini cara menata kulkas yang benar

resep dan cara membuat ramen kamaboko

Ramen kamaboko, menu masak ala Jepang yang praktis di rumah