Sama-sama menggoyang lidah, ini perbedaan nasi Padang dengan nasi Kapau

Siapa yang tidak suka menyantap masakan padang? Kalau jam makan siang dan perut sedang lapar-laparnya, memang paling enak untuk menuruti ‘hawa nafsu’ menyantap hidangan denga porsi melimpah dan bercitarasa kuat seperti makanan asal Sumatera Barat ini. Mungkin kamu akan segera keluar mencari rumah makan dengan bentuk khas, biasanya dengan etalase kaca bertuliskan “Rumah Makan Padang”. Tapi, apa jadinya kalau kamu menemukan rumah makan bernuansa Sumatera Barat, tapi bertuliskan “Nasi Kapau”, atau kamu tidak melihat adanya etalase berisi undakan makanan di bagian depannya? Apakah nasi kapau sama dengan nasi padang? Meski sama-sama berasal dari Sumatera Barat, ada beberapa perbedaan yang biasa kita temukan di antara dua kuliner ini, lho.

  1. Asal nasi Kapau

Asal dari masakan ini ternyata lebih spesifik dibanding nasi Padang. Nasi Kapau berasal dari Nagari (desa) Kapau, sebuah desa yang secara administratif berada di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, meskipun letaknya lebih dekat dengan Bukittinggi. Sementara itu, penyebutan nasi Padang memiliki arti yang lebih luas dan terkadang bias, karena semua makanan yang berasal dari Sumatera Barat biasa disebut nasi Padang meski tidak berasal dari Kota Padang.

Baca juga: Yang bikin Lontong Roomo, makanan unik khas Gresik terasa istimewa di lidah

Kota Padang. Image source: mediaindonesia.com
  1. Penyajian

Perbedaan yang bisa kita temui antara nasi Kapau dengan nasi Padang adalah dalam penyusunan menu dan penyajiannya. Pada rumah makan Padang, piring-piring berisi lauk disusun di etalase yang letaknya di bagian depan dan biasanya sejajar atau lebih tinggi dari penjualnya. Di sisi lain, pada warung nasi Kapau, lauk-lauk biasanya disajikan dalam wadah-wadah besar dan disusun di meja yang lebih rendah dari posisi duduk penjualnya. Penjual menggunakan sendok lauk bertangkai panjang untuk menjangkau lauk yang dipilih oleh pembeli.

image source: pesona.travel
  1. Jenis gulai

Warung nasi Kapau menyajikan gulai khas yang tidak ditemukan di warung nasi Padang, yaitu gulai tambusu dan gulai gejebo. Hal ini agak berbeda dengan warung nasi Padang yang umumnya hanya menyajikan gulai ayam, ikan, dan jeroan. Gulai tambusu berbahan dasar usus sapi yang diisi telur kocok berbumbu, dan akan mengembang menyerupai sosis besar setelah dimasak. Ada juga gulai tambusu yang berisi campuran tahu dan telur, atau dibuat dari usus kerbau.

Gulai tambusu. Image: Rusakbar/Okezone

Sementara itu, gulai gajebo berbahan utama daging sandung lamur yang mengandung banyak gajih (lemak) sehingga membuat rasanya menjadi sangat lezat. Gulai ini tidak menggunakan santan sama sekali, dan bercitarasa sedikit asam yang menambah kesegaran saat menyantapnya. Meski begitu, kalau kamu ingin menikmatinya, pastikan kamu makan secukupnya karena kandungan kolesterolnya yang tinggi.

Gulai gajebo. Image source: kompas.com/sri anindiati nursastri

Baca juga: Deretan kuliner khas Makassar yang sayang dilewatkan, enak semua

Untuk sayur yang digunakan, warung nasi Kapau menambahkan rebung dalam gulai nangkanya, suatu hal yang tidak ditemukan pada nasi Padang. Pada nasi Kapau juga dihidangkan lobak, nangka, dan kacang panjang sebagai pelengkap sajian.

  1. Jenis rendang

Di warung nasi Padang, kita hanya bisa menemukan rendang daging sapi. Berbeda halnya dengan nasi Kapau yang memberimu lebih banyak pilihan selain rendang sapi, yaitu rendang ayam dan bebek.

Rendang ayam. Image source: resepkoki.id

Baca juga: Biar Tak Bosan, Coba Bikin Rendang Cakalang Aja

Meski terdapat beberapa perbedaan, kedua makanan ini sama-sama lezat dan cocok di hampir semua lidah orang Indonesia. Kalau kamu, pilih nasi Kapau atau nasi Padang, nih?

 

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Selain bikin makan jadi lebih nikmat, ini manfaat menyantap makan dengan tangan

Cuma mengenal garam meja? Kenalan yuk, dengan jenis garam lainnya!