Sama-sama berbahan utama ikan, apa beda pempek jenis satu dengan yang lain?

jenis pempek khas palembang
Foto: freepik/nichohm88

Kamu pasti sudah tahu kalau pempek termasuk salah satu makanan olahan dari bahan utama ikan. Makanan khas Palembang ini pun terkenal memiliki beberapa jenis, mulai dari pempek kapal selam hingga pempek lenjer. Tapi dari berbagai pempek yang ada, apa sih beda dari masing-masing jenisnya? Coba cari tahu yuk!

Pempek kapal selam

Pempek kapal selam termasuk salah satu jenis pempek yang paling populer. Sebutan lainnya adalah pempek telok besak. Dengan bentuk menyerupai kantung, pempek kapal selam berisi telur. Saat memasak, pempek tersebut tenggelam di dalam air, sehingga kemudian disebut dengan nama pempek kapal selam.

Pempek lenjer

Yang paling mencolok dari pempek lenjer adalah bentuknya yang bulat memanjang. Meski termasuk jenis pempek yang sederhana, karena tampilannya yang sederhana dan tanpa isian, namun pempek lenjer termasuk salah satu jenis pempek yang paling banyak diminati.

Pempek lenggang

Jika jenis pempek lainnya banyak yang cara masaknya digoreng, pempek lenggang dimasak dengan cara dipanggang di atas mangkuk daun pisang hingga setengah matang. Kemudian pempek yang berbentuk segi empat tersebut dicampur dengan telur dan kembali dipanggang hingga matang.

Pempek pastel

Seperti namanya, pempek pastel disajikan dengan bentuk seperti pastel. Selain bentuknya yang unik, pempek pastel juga biasanya disajikan dengan isian sayur pepaya muda yang dimasak bersama santan. Gurih deh.

perbedaan jenis pempek khas palembang
Foto: freepik/user2533197

Baca juga: 5 Makanan Olahan Ikan Yang Banyak Disukai Di Indonesia

Pempek kulit

Pempek kulit termasuk salah satu jenis pempek yang jarang dikenal orang. Mirip seperti pempek adaan biasa yang berbentuk bulat seperti baso ikan, pempek kulit memiliki warna yang lebih hitam. Warna tersebut berasal dari kulit ikan yang digunakan sebagai bahan tambahan. Terkesan spesial dan lezat bukan?

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

teh telur makanan khas imlek

Identik dengan Tahun Baru Imlek, makanan ini biasa tersaji di meja makan

resep mie untuk perayaan imlek

Lambang panjang umur, yuk coba bikin mie lezat ini untuk perayaan Imlek