Resep Masakan Rumah yang Perlu Dikuasai Anak Perantau

Foto: Istimewa

Para anak perantau yang singgah ke ibu kota demi mengejar karir maupun akademis, jangan lupa untuk bekali diri kalian dengan resep masakan rumah yang kalian sendiri bisa coba di kosan. Berikut list resep masakan rumah yang kalian bisa pelajari:

Foto: Thinkstock

1. Telur Goreng Ceplok

Ini salah satu menu paling simple, basic, yang wajib kalian kuasai karena menu ini benar-benar apa adanya. Cara memasaknya mudah, panaskan minyak pada wajan lalu tuang telur pada wajan dan taburkan sedikit garam. Angkat telur ketika warna telur berubah cokelat ke-emasan dan sudah matang.

Foto: Istimewa

2. Sambal Kecap Manis

Untuk melengkapi telor goreng ceplok, iris cabe dua atau tiga cabe rawit sesuai selera kamu, irisan bawang merah,  lalu campurkan dengan satu sendok makan kecap manis. Rasa manis kecap dan pedasnya cabe rawit akan memberi rasa lebih nikmat.

resep masakan rumah untuk anak perantau
Foto: Cookpad/Dian Setiyawan

3.  Sayur Sop

Bahan utamanya terdiri dari wortel, kentang, tomat, buncis, kubis, seledri dan daun bawang. Kalau kamu masih awam dengan takaran memasaknya, kamu bisa request ke pedagang sayur untuk meracik bahan masak sayur sop. Cara masaknya, rebus air 500ml, lalu masukan wortel yang sudah dipotong terlebih dahulu kemudian selang 5 menit masukan sayuran-sayuran lainnya. Tak lupa juga masukkan garam, merica, sesuai selera. Kalau dirasa belum cukup nendang, kamu bisa tambahkan bumbu sop yang tersedia dalam ukuran sachet sekali pakai.

Foto: Shutterstock

4. Tempe & Tahu Goreng

Setelah dicuci bersih, iris tempe dan tahu sesuai selera kamu, lalu rendam ke mangkuk berisi air matang yang dicampur dengan 1 sendok makan garam  selama 1-2 menit. Panaskan wajan dengan minyak yang cukup untuk deep-fry potongan tahu dan tempe. Masak hingga warna tahu berubah ke emasan dan tempe berubah kecokelatan, lalu tiriskan.

resep masakan rumahan
Foto: taste.com.au

5. Telur Kornet

Aduk putih dan kuning telur hingga menjadi satu lalu tambahkan irisan daun bawang dan cabe rawit sesuai selera. Masukan daging kornet ke dalam adonan telur dadar lalu aduk hingga rata, kemudian goreng hingga matang, lalu tiriskan.

resep masakan rumah
Ilustrasi | Foto: styledegree.sg

6. Steam boat

Rebus air hingga mendidih lalu masukkan bola-bola ikan dan irisan daun bawang dan sayuran pok choi. Tambahkan garam, merica, bubuk bawang putih dan penyedap rasa sebagai pelengkap.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

minuman saat hujan

Makanan dan Minuman yang Setia Menemani Dikala Hujan

gado-gado che jamie oliver

Wow! Gado-gado versi Chef Jamie Oliver, Yes or No?