Rahasia bikin kulit pastel renyah tahan lama dan gurih

cara membuat kulit pastel yang renyah dan gurih
Foto: lofoodie.blogspot.com

Selain isi, salah satu yang membuat pastel terasa lezat adalah kulitnya yang renyah dan gurih. Pasalnya gorengan yang satu ini jika kulitnya terasa melempem, juga akan mempengaruhi citarasa pastel tersebut.

Untuk mendapatkan kulit pastel yang renyah tahan lama dan gurih, ada beberapa trik yang bisa dilakukan. Tertarik mencobanya?

Takaran adonan harus pas

Adonan kulit pastel yang dibuat terlalu tipis, berisiko robek ketika digoreng. Namun jika terlalu tebal, juga akan membuat kulit tidak renyah. Karena itu ketebalan adonan tak boleh terlalu tipis, juga terlalu tebal. Takaran bahan untuk membuat adonan pun harus diperhatikan dengan baik. Untuk mencampurkan adonan bisa menggunakan air hangat, sehingga kulit pastel jadi renyah dan berpori.

Ulenin adonan kulit hingga halus

Proses menguleni adonan kulit menjadi salah satu step yang tak kalah penting. Karena terlalu keras menguleni adonan, bisa membuat kulit pastel jadi tidak renyah. Selain itu, adonan kulit juga harus diuleni hingga halus. Agar lebih mudah, adonan bisa digilas dengan alat penggiling kue atau rolling pin.

Bahan isian sebaiknya kering dan dingin

Keringkan bahan isian di atas saringan terlebih dahulu sebelum diletakkan di atas adonan kulit. Karena bahan isian yang masih basah akan membuat kulit pastel jadi kurang kriuk. Demikian juga dengan isian yang masih panas. Uap panasnya akan membuat adonan kulit jadi basah dan kurang kering.

tips membuat kulit pastel yang renyah tahan lama dan gurih
Foto: indonesiaeats.com

Baca juga: Panada Vs Pastel, Kamu Lebih Suka Yang Mana?

Cara menggoreng tak boleh asal

Saat menggoreng pastel agar hasilnya kering dan berpori, pastel harus sambil disiram-siram dengan minyak saat menggorengnya. Ada juga yang memilih cara penggorengan 2x. Yaitu gorengan pertama dengan minyak panas yang agak banyak hingga setengah matang, kemudian goreng kembali setelah dibekukan.

Tiriskan minyak sisa penggorengan

Agar penirisan minyak bisa lebih maksimal, tiriskan pastel dengan posisi berdiri. Tissu dapur juga dapat digunakan untuk membantu meniriskan minyak dengan baik. Jika tissu sudah tampak penuh minyak, tissu bisa diganti dengan yang baru sehingga minyak sisa-sisa penggorengan yang menempel pada pastel lebih terserap.

kulit pastel renyah dan gurih
Foto: instagram/icha.irawan

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

tips dan cara membuat gula karamel yang tidak gosong dan enak

Untuk mendapatkan karamel yang harum dan tidak gosong, coba lakukan ini

mie goreng udang kitchen of indonesia

Membuat mie goreng yang enak dan bumbunya tercampur rata, ini tipsnya