Ini Lho Rahasia Bikin Baked Potato Yang Enak Dan Empuk

kentang panggang
Foto: tasty.co

Bikin baked potato atau kentang panggang untuk menu sarapan emang pas. Untuk cemilan siang hari atau malam hari juga enak. Asal cara bikinnya pun benar. Jadi kentang panggang yang dihasilkan pun lebih enak dan sempurna.

Kalau kamu penasaran gimana cara bikin baked potato yang enak dan empuk, ada trik rahasianya lho. Apa saja? Cari tahu yuk!

Pilih Jenis Kentang Russet Untuk Baked Potato

Kentang yang paling enak untuk bikin kentang panggang adalah kentang jenis russet. Pasalnya kentang jenis ini memiliki ukuran besar dibanding ukuran kentang biasa. Ukuran kentang yang besar juga akan memudahkan kamu untuk membuat kentang panggang yang enak.

Cuci Kentang Dengan Minyak Zaitun Lebih Dulu

Sebelum dimasak, kulit kentang sebaiknya disikat terlebih dahulu secara perlahan-lahan. Gunakan air mengalir untuk mencucinya hingga bersih sebelum kemudian mengeringkannya. Sebelum masuk proses pemanggangan, olesi permukaan kentang menggunakan minyak zaitun. Agar rasanya lebih enak dan kulit kentang jadi kering setelah dipanggang, jangan lupa juga untuk menaburkan garam dan merica setelah olesan minyak zaitun.

Kulit Kentang Harus Disayat

Salah satu trik untuk membuat kentang panggang yang enak adalah memastikan suhu panas dari pemanggangan merata dan masuk ke bagian dalam kentang. Karena itu kamu bisa menusuk kentang menggunakan garpu atau menyayat permukaan kentang menggunakan pisau agar uap panasnya masuk ke dalam kentang.

Bungkus Kentang Agar Tidak Menyusut

Untuk mencegah kentang agar tidak menyusut, kentang yang dipanggang harus dijaga kelembapannya. Karena itu kentang bisa dibungkus menggunakan aluminium foil atau handuk basah sebelum dipanggang.

baked potato
Foto: thecookierookie.com

Panggang Dengan Waktu Yang Tepat

Terakhir, pastikan kentang dipanggang dengan waktu yang tepat. Misalnya jika kentang yang dipanggang cukup banyak, maka panggang dengan waktu yang cukup lama. Sedangkan jika yang dipanggang hanya 1 buah kentang, kamu bisa memanggangnya sekitar 8-12 menit. Jangan lupa juga untuk mengatur suhu menjadi sekitar 200 derajat celcius agar tidak terlalu panas atau kurang panas.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tips Diet Spiderman Tom Holland, Biar Tubuh Fit Seperti Super Hero

cara menghilangkan bau amis ikan

Menghilangkan Bau Amis Di Tangan Usai Mengolah Ikan