Berencana Bikin Pesta Tahun Baruan Di Rumah? Siapkan Perlengkapan Ini!

perlengkapan memanggang
Foto: Shutterstock

Merayakan malam tahun baruan dengan orang-orang terdekat di rumah memang menyenangkan. Tapi tentunya ada banyak sekali persiapan yang harus dilakukan. Salah satunya adalah menyiapkan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan untuk melakukan barbeque.

Lebih baik semuanya sudah disiapkan di awal, sehingga tak perlu lagi kebingungan karena ada perlengkapan yang kurang.

Alat Pemanggang

Ada banyak pilihan alat pemanggang yang dijual dan bisa dipilih di pasaran. Jadi ada baiknya memilih sesuai yang benar-benar diinginkan dan dibutuhkan. Misalnya dengan memilih alat pemanggang yang menggunakan arang sebagai sumber pembakarnya. Karena aroma arang diyakini dapat membantu membuat makanan jadi lebih sedap dan smokey. Namun risikonya, arang harus disiapkan 1 jam sebelumnya agar tidak terlalu lama menunggu arang panas dan siap digunakan.

alat pemanggang untuk tahun baruan di rumah
Foto: Shutterstock

Penjepit, Spatula, Garpu

Agar memanggang jadi lebih mudah, kita membutuhkan alat-alat bantu seperti penjepit, spatula juga garpu panjang. Di mana penjepit tersebut berguna untuk membalik juga mengangkat bahan makanan yang dipanggang. Jangan lupa saat membeli peralatan-peralatan tersebut, pilih yang memiliki gagang panjang dan pegangannya tidak mudah panas. Sedangkan untuk penjepit, jangan lupa juga pastikan bahwa penjepit tersebut dapat menjepit makanan dengan baik dan mudah digunakan.

alat penjepit untuk bebakaran
Foto: Shutterstock

Tusuk Sate

Jika ingin memanggang makanan dengan konsep ditusuk-tusuk seperti sate, maka alat tusuk sate tentu sangat dibutuhkan. Namun mengingat tusuk sate bisa dibuat dengan berbagai macam bahan, maka pastikan untuk memilih yang tepat. Tusuk sate yang berbahan besi tentu lebih awet dan tidak mudah terbakar seperti tusuk sate berbahan kayu. Selain itu tusuk sate berbahan besi juga bisa dibersihkan dan digunakan lagi.

tusuk sate
Foto: Shutterstock

Bahan Makanan Beserta Sausnya

Bukan cuma peralatan-peralatan masak yang harus disiapkan. Tapi bahan-bahan makanan beserta saus dan bumbunya pun harus disiapkan bukan? Tentukan makanan apa saja yang ingin dimasak. Bisa ikan, daging, sayur-sayuran, sosis, marshmallow, ubi, jegung atau berbagai bahan lainnya.

bahan dan saus panggangan
Foto: Shutterstock

Kuas

Memanggang makanan tentu tak cuma cukup dengan hanya asal meletakkan makanan di atas alat pemanggang. Agar makanan-makanan tersebut terasa lebih lezat, makanan-makanan tersebut sebaiknya diolesi dengan bumbu. Nah, untuk mengoleskannya dibutuhkan kuas sehingga bumbu lebih menyebar dan rata.

kuas panggangan
Foto: Shutterstock

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

manfaat ikan tenggiri

Bisa Dijadikan Aneka Olahan, Ini Manfaat Ikan Tenggiri

khasiat minyak zaitun

Manfaat dan khasiat minyak zaitun, baik untuk menjaga kesehatan tubuh