Memanaskan Makanan Sisa, Ini Yang Harus Diperhatikan

menyimpan makanan dalam kulkas
Foto: Istimewa

Sayang rasanya jika harus membuang makanan sisa. Apalagi kalau porsi makanan tersebut sebenarnya masih cukup banyak dan kondisinya masih bagus. Kalau seperti itu beberapa orang biasanya lebih memilih untuk memanaskan makanan sisa dibanding harus membuangnya.

Tapi jika ingin memanaskan makanan sisa, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Mengingat terkadang ada makanan yang justru akan jadi berbahaya jika dipanaskan. Nah supaya tak salah memanaskan sisa makanan, coba perhatikan beberapa hal ini ya sobs.

Simpan Di Dalam Kulkas Supaya Lebih Tahan Lama

Biasanya makanan yang disimpan pada suhu ruang, lebih cepat rusak dibanding makanan yang disimpan dalam lemari pendingin atau kulkas. Jadi jika ingin memanaskan kembali sisa makanan yang ada, sebaiknya makanan tersebut disimpan di dalam kulkas. Kamu bisa meletakkan makanan tersebut dalam wadah yang tertutup yang kedap udara agar makanan tidak mudah tumpah dan membuat kulkas bau.

memanaskan makanan sisa
Foto: hellonutritarian.com

Jangan Menyimpanan Makanan Yang Masih Panas Dalam Kulkas

Meski makanan akan lebih awet jika disimpan di dalam kulkas, tapi jangan buru-buru menyimpan makanan yang masih hangat apalagi panas ke dalam kulkas sobs. Biarkan makanan tersebut dingin terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke dalam kulkas. Pasalnya menyimpan makanan panas ke dalam kulkas bukan hanya akan membuat makanan rusak, tapi juga akan merusak kulkas.

Baca Juga: Sisa Kue Lebaran Di Rumah Bisa Dikreasikan Kayak Gini Lho

Tak Semua Sisa Makanan Baik Jika Dipanaskan Kembali

Tak semua makanan baik jika dipanaskan kembali lho, sobs. Karena makanan yang terkena suhu panas berkali-kali bisa mengurangi bahkan menghilangkan kandungan yang ada di dalamnya. Jadi ada baiknya kamu mengenali jenis makanan yang bisa dipanaskan dan makanan yang sebaiknya tidak dipanaskan kembali. Kalaupun memanasinya, ada makanan yang sebaiknya dipanasi dengan suhu yang tidak terlalu tinggi dan durasi waktu yang tidak terlalu lama.

cara menyimpan makanan
Foto: nocrumbsleft.net

Panaskan Setelah Tidak Beku

Jika kamu menyimpanan makanan di dalam freezer sehingga membuat makanan tersebut beku, ada baiknya kamu tidak langsung memanaskannya begitu keluar dari freezer. Biarkan makanan tersebut kembali ke bentuknya semula terlebih dahulu sebelum memanasinya kembali.

Jangan lupa selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Dori Cheese Omelet

Dori Cheese Omelet, Bikinnya Gampang Rasanya Enak

infused water

Cuaca Panas, Ini Makanan Yang Sebaiknya Dikonsumsi