Jangan sampai tertukar, ini perbedaan jeruk limau, jeruk nipis dan jeruk purut

jeruk purut
Foto: earthycooking

Untuk memperkaya citarasa masakan, selain penambahan garam dan gula, penambahan rasa asam juga diperlukan. Sehingga rasa makanan pun akan semakin kaya dan lezat. Rasa asam tersebut bisa didapatkan dari berbagai bahan makanan. Di antaranya adalah aneka macam jeruk, seperti jeruk nipis, jeruk purut serta jeruk limau. Uniknya, banyak orang yang cukup kesulitan membedakan ketiga jenis jeruk ini. Bahkan sedikit bingung akan peruntukannya.

Nah supaya tak lagi keliru, coba yuk cari tau apa sih beda jeruk nipis, jeruk limau dan jeruk purut yang perlu kita tahu.

Jeruk nipis

Jeruk nipis termasuk salah satu jenis jeruk yang paling populer di Indonesia yang digunakan untuk menambahkan rasa asam pada makanan. Jeruk inipun termasuk yang paling familiar. Biasanya jeruk ini pun tersedia di area meja pada penjual soto. Di rumah tangga sendiri biasanya jeruk nipis digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan yang akan diolah. Kulitnya relatif mulus dengan ukuran yang biasanya lebih besar jika dibanding jeruk limau atau jeruk purut.

jeruk nipis
Foto: freepik/kamranaydinov

Jeruk purut

Dari tekstur kulit, jeruk purut biasanya memiliki kulit yang cenderung lebih kasar dan keriput jika dibandingkan dengan jeruk nipis. Ukurannya pun tak sebesar jeruk nipis dan kulitnya lebih tebal. Kadang, jeruk purut digunakan untuk es. Namun dengan aromanya yang khas, biasanya jeruk purut digunakan dalam bumbu pecel dan peyek serta aneka masakan khas Bali.

jeruk purut
Foto: earthycooking

Baca juga: Tips membuat salad sayur yang enak, mengenyangkan dan lebih bergizi

Jeruk limau

Secara ukuran, jeruk limau memiliki ukuran yang kecil seperti jeruk purut. Namun jika diperhatikan dari kulitnya, jeruk limau lebih halus dibanding jeruk purut. Kulitnya pun tak terlalu tebal. Di beberapa tempat, jeruk limau kerap juga disebut sebagai jeruk sambal mengingat biasanya jeruk ini banyak digunakan untuk membuat sambal terasa lebih sedap dan segar.

jeruk limau
Foto: Istimewa
Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

beda daun kucai dan daun bawang

Daun bawang dan daun kucai sekilas memang mirip, ini perbedaannya

makanan sehat untuk ide cemilan sehat di kantor new normal

[Infografis] Semakin cantik dan sehat karena edamame? Wah bisa banget!