Pengganti garam, bahan yang bisa digunakan untuk memberi rasa asin pada masakan

bawang putih untuk pengganti garam
Foto: freepik/jcomp

Untuk membuat rasa makanan jadi lebih sempurna, dibutuhkan perpaduan rasa yang cukup lengkap. Seperti asin, manis dan pedas. Tapi tahukah kamu kalau jumlah asupan garam yang boleh dikonsumsi oleh tubuh itu jumlahnya cukup sedikit?

Pasalnya konsumsi garam yang terlalu banyak dapat berbahaya dan memicu berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi hingga stroke. Untuk menghindarinya, penggunaan garam bisa diganti dengan bahan lain. Sehingga masakan tetap mendapat rasa asin seperti yang diinginkan.

Margarin

Margarin termasuk salah satu bahan dapur yang bisa digunakan sebagai pengganti garam untuk memberi rasa asin pada masakan. Jika mentega cenderung manis, margarin cenderung asin. Biasanya penggunaan margarin lebih cocok untuk menu masakan yang digoreng seperti nasi goreng atau ditumis. Karenanya kalau sudah menggunakan margarin, kita bisa coba hindari menggunakan garam tambahan pada masakan.

margarin pengganti garam
Foto: draxe.com

Kecap asin

Sesuai namanya, jika kecap manis memiliki rasa yang cenderung manis, kebalikannya kecap asin memiliki rasa dominan yang cenderung asin. Penggunaan kecap asin pada masakan seperti tumisan, dapat membantu kita mengurangi penggunaan garam. Agar rasanya lebih pas dan sesuai selera, hindari menuangkan kecap asin dalam jumlah banyak sekaligus. Jangan lupa untuk cicipi dan lakukan koreksi rasa agar masakan tetap lezat.

kecap asin pengganti garam untuk masakan
Foto: Istimewa

Bawang putih

Bawang-bawangan seperti bawang merah dan bawang putih, termasuk bumbu dapur yang masuk kategori wajib dalam berbagai menu masakan. Membuat makanan terasa lebih lezat dan tak hambar, bawang putih ternyata juga mengandung rasa asin di dalamnya lho.

bawang putih untuk pengganti garam
Foto: freepik/jcomp

Baca juga: Minyak bawang putih, bukan hanya bikin masakan lezat tapi juga kaya manfaat

Saus tiram

Setelah menggunakan saus tiram dalam menu tumisan, ada baiknya penggunaan garam sangat dihindari. Pasalnya, dalam proses pembuatan saus tiram sudah menggunakan garam sebagai salah satu bahannya lho. Karena itu saus yang kerap dianggap sebagai penyelamat masakan dan pembuat makanan jadi lebih sedap ini cukup jadi andalan banyak orang.

vegan saus tiram untuk pengganti garam
Foto: rabbitandwolves.com
Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

jajanan khas indonesia dengan kelapa parut

Dilengkapi taburan kelapa, ini jajanan-jajanan Indonesia yang khas banget

jamu empon-empon dari hasil tani indonesia

Makanan populer ini ternyata berasal dari hasil tani bangsa lho