Olahan rujak di Indonesia, ternyata banyak banget macamnya

Foto: shutterstock/Ojua Images

Rujak termasuk salah satu kuliner jenis salad khas Indonesia yang melegenda. Merupakan campuran dari berbagai jenis bahan, ada banyak macam olahan rujak di Indonesia dari berbagai daerah. Rujak dari masing-masing daerah biasanya diolah dengan bumbu dan bahan yang berbeda-beda. Apa saja sih berbagai macam olahan rujak tersebut?

Rujak Cingur

Rujak yang satu ini memang termasuk salah satu rujak yang cukup populer di Indonesia. Dengan bumbu petis, irisan cingur (hidung) sapi yang disajikan dengan berbagai irisan buah dan sayur ini berasal dari Jawa Timur. Meski tampak disajikan dengan sederhana, di beberapa tempat bahkan menjual rujak cingur dengan harga di atas 50.000/porsi.

rujak cingur aneka olahan rujak di indonesia
Foto: Pinterest

Rujak Serut

Rujak serut biasanya dibuat dari buah-buahan yang dipotong dengan cara diserut. Ada mentimun, bengkuang, mangga muda, kedondong juga pepaya muda. Dengan citarasa manis, asam pedas, rujak ini juga bisa disajikan dalam keadaan dingin. Di beberapa daerah, rujak ini juga jadi tradisi syukuran 7 bulanan orang hamil.

rujak serut indonesia
Foto: Istimewa

Rujak Soto

Sayur-sayuran matang yang disiram dengan bumbu rujak dan kuah soto ini merupakan salah satu makanan khas Banyuwangi yang cukup populer. Perpaduan yang unik antara bumbu kacang dari rujak dengan kuah soto daging menciptakan sensasi tersendiri saat menyatu ke dalam mulut.

rujak soto banyuwangi
Foto: instagram/ichasavitry

Baca Juga: Deretan makanan Jawa Timur yang berbahan dasar petis

Rujak Kuah Pindang

Bali juga memiliki makanan khas berupa rujak. Dibuat dari campuran sayur dan buah mangga serta pepaya, rujak ini disiram dengan kuah pindang. Karenanya kemudian rujak ini disebut dengan rujak kuah pindang. Yang membuat rujak ini lebih unik dibanding rujak lainnya adalah karena kuah rujaknya diberi campuran ikan. Penasaran ingin mencobanya?

rujak kuah pindang
Foto: kata.co.id

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

manfaat tempe untuk tubuh

Murah dan sering diremehkan, tempe ternyata punya manfaat besar untuk tubuh

mie koba khas bangka belitung

Dengan kuah ikan, ini Mie Koba khas Bangka Belitung yang wajib dicoba