Olahan kopi unik yang mencuri perhatian, wajib banget dicoba!

kopi kawa
Foto: gordi.id

Tren minum kopi di Indonesia seperti sudah menjamur dan mendarah daging. Bukan hanya kopi murni, tapi juga berbagai racikan kopi yang dipadukan dengan bahan lain sehingga menghasilkan olahan kopi unik.

Kopi Joss

Kamu pasti sudah tak asing dengan racikan kopi yang satu ini. Kopi yang dicampur dengan arang yang  masih dalam bentuk bara ini merupakan racikan khas Yogyakarta. Yang mana ternyata racikan unik ini dapat mengurangi kadar kafein dalam kopi dan dapat menyembuhkan kembung, mual atau sakit perut lainnya.

kopi joss di angkringan jogja
Foto: instagram/briandsumito

Kopi Telur

Racikan kopi dengan telur ini kerap dianggap sebagai sumber stamina yang bagus. Karena itu kopi ini biasanya dikonsumsi saat pagi hari. Racikan kopi ini juga terkenal di Skandinavia dan Vietnam lho. Pasalnya selain punya rasa lezat dan gurih, kopi telur juga dianggap memiliki manfaat baik untuk tubuh.

racikan kopi telur
Foto: bugking88

Kopi Kopyok

Serbuk kopi yang ditumbuk kasar menjadi bahan kopi racik khas Gresik, Kopi Kopyok. Dengan citarasa sedikit masam, segelas kopi yang setengahnya dipenuhi dengan serbuk kopi ini punya tingkat kekentalan yang cukup kuat. Uniknya saat cairan kopinya dituang ke atas piring kecil (lepek/lapik), serbuk kopi tersebut akan otomatis naik ke permukaan gelas.

kopi kopyok
Foto: Istimewa

Baca Juga: Jenis kopi asli Indonesia yang mendunia, kamu suka yang mana?

Kopi Kawa

Jika umumnya kopi dibuat dari biji kopi, kopi yang satu ini uniknya justru dibuat dari daun kopi. Di mana daun kopi tersebut dikumpulkan kemudian dikeringkan dan disangrai selama 12 jam, sehingga berubah bentuk menjadi serbuk. Cara penyajiannya pun tak kalah unik dengan pembuatannya.

Kopi kawa biasanya dihidangkan dengan batuk kelapa yang telah diketam halus. Karena cara pembuatannya yang cukup berbeda, kopi kawa pun cenderung lebih ringan dibanding kopi pada umumnya.

kopi kawa
Foto: gordi.id

Kopi Mentega

Seperti namanya, racikan kopi yang satu ini memang menggunakan mentega sebagai bahan campurannya. Meski begitu bahan kopi dan mentega yang digunakan tak boleh sembarangan.

Kopi mentega hanya boleh diracik dari kopi hitam yang berkualitas dan mentega tawar yang pengolahannya berasal dari susu sapi yang diternak secara organik. Kemudian kedua bahan ini harus ditambah dengan sedikit minyak MCT (Medium Chain Triglycerides) sebagai campurannya. Manfaat racikan ini adalah untuk menjaga stamina tubuh bertahan lebih lama dibanding mengonsumsi kopi susu biasa.

kopi mentega
Foto: Istimewa

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

kopi asli indonesia

Jenis kopi asli Indonesia yang mendunia, kamu suka yang mana?

manfaat kopi untuk kesehatan tubuh

Kamu penggemar kopi? Ini manfaat kopi yang baik untuk kesehatan tubuh