Nasi Pecel Khas Indonesia Berbagai Daerah, Kamu Bisa Bedain Nggak?

nasi pecel khas indonesia
Foto: instagram/sasmitaedo

Nasi pecel termasuk salah satu kuliner Indonesia yang mudah didapatkan di berbagai daerah. Makanan yang berasal dari Jawa Timur ini ternyata punya racikan bumbu yang berbeda-beda di masing-masing kota. Kamu bisa bedain nggak ya?

Nasi Pecel Madiun

Salah satu yang khas dari nasi pecel Madiun adalah bungkusnya yang menggunakan daun pisang dibentuk pincuk. Karena itu biasanya disebut nasi pecel pincuk Madiun. Tempe mendoan, telur asin, telur ceplok hingga sate ati ampela bisa jadi pilihan lauk pendamping dalam sajian nasi ini. Nasi pecel Madiun dikenal sebagai salah satu nasi pecel paling lezat di Jawa Timur lho.

nasi pecel madiun
Foto: Instagram/janganlupamakan

Pecel Semanggi

Kuliner pecel semanggi sudah bukan sesuatu yang asing bagi warga Surabaya. Berbeda dengan campuran pecel pada umumnya, pecel semanggi tidak menggunakan sayur seperti pecel pada umumnya, namun menggunakan daun semanggi. Uniknya lagi pecel semanggi yang biasanya dijual dengan daun pisang pincuk ini tidak disajikan dengan lontong atau nasi. Sayangnya, kuliner ini sudah agak sulit didapatkan.

pecel semanggi
Foto: idntimes/Ishmah Irsalina W

Pecel Tumpang Khas Kediri

Kalau kamu menganggap tempe yang hampir busuk sudah tak bisa dimakan lagi, maka kamu salah. Karena di Kediri, tempe yang hampir busuk itu bisa diolah kembali dengan bumbu rempah-rempah yang khas menjadi bumbu pecel yang unik dan lezat. Disebut pecel tumpang, rasanya gurih, pedas serta sedap bercampur jadi satu nih.

nasi pecel khas indonesia dari kediri
Foto: instagram/mahrety_w

Baca Juga: Berbahan Sayur, Ini Salad Khas Indonesia Penuh Kearifan Lokal

Nasi Pecel Nganjuk

Bumbu pecel Nganjuk yang pedas, tak jarang membuat nasi pecel ini disebut dengan pecel bledek. Sehingga citarasanya yang gurih, pedas dan lezat membuat hidangan ini sangat terasa nikmat disantap. Sayuran yang digunakan biasanya terdiri dari daun singkong, kembang turi, kemangi, taoge, hingga petai China.

nasi pecel nganjuk
Foto: Istimewa

Nasi Pecel Khas Blitar

Terkenal sebagai tempat dimakamkannya Bung Karno, Blitar juga punya racikan nasi pecel yang tak kalah lezat dengan kota lain. Campuran bumbu rempahnya yang khas, membuat nasi pecel Blitar punya banyak peminat.

nasi pecel khas indonesia blitar
Foto: panduaji.net

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Cara Mengolah Daging Agar Empuk Dan Tak Bau

kebab tuna

Kamu Penggemar Kebab? Cobain Deh Kebab Tuna Yang Anti Mainstream