Musim hujan, racikan minuman tradisional ini bisa menghangatkan badan

angsle minuman musim hujan
Foto: Instagram/andhikazrt

Belakangan ini intensitas hujan yang mengguyur semakin tinggi. Udara pun sering terasa dingin, terutama saat malam atau pagi hari. Kalau kondisi tubuh tidak diperhatikan dengan baik, bisa-bisa perubahan cuaca seperti ini malah membuat jatuh sakit. Karena itu makanan dan minuman yang dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh pun begitu penting untuk diperhatikan. Biasanya saat cuaca sedang dingin, tubuh membutuhkan makanan atau minuman yang hangat-hangat. Sehingga tubuh pun terasa lebih hangat.

Minuman-minuman ini termasuk minuman hangat yang cukup favorit dan jadi andalan untuk menghangatkan tubuh saat musim hujan.

Wedang ronde

Wah, minuman yang satu ini tak perlu diragukan lagi keampuhannya untuk menghangatkan badan saat musim hujan. Selain kuahnya yang menggunakan jahe sebagai campuran bahan utamanya, wedang ronde juga biasa disajikan dalam keadaan hangat. Perpaduan kacang dan bola-bola ketan sebagai isian wedang, membuat wedang ronde semakin terasa lezat dinikmati.

wedang ronde
Foto: A__Dama Photowork

Wedang uwuh

Wedang yang biasa disajikan dalam keadaan hangat dengan warna merah ini punya perpaduan rasa manis dan pedas. Campuran berbagai rempah dalam seduhannya, diyakini juga bagus untuk  flu dan kesehatan tubuh.

wedang uwuh minuman untuk menghangatkan badan
Foto: Istimewa

Bajigur

Bahan utamanya menggunakan santan dan gula aren. Selain itu ada pula campuran jahe serta bahan-bahan lainnya. Minuman tradisional yang berasal dari Sunda ini bahkan sekarang mudah didapatkan dalam bentuk instan. Tinggal seduh menggunakan air hangat, segelas bajigur pun siap menemani saat hujan.

bajigur untuk menghangatkan badan
Foto: Instagram/voilajogja

Wedang tahu

Isiannya menggunakan kembang tahu yang terbuat dari sari kedelai. Selain disebut wedang tahu, minuman yang satu ini juga kerap disebut tauwa. Rasanya yang lezat dan hangat kuah jahenya, membuat wedang tahu mudah digemari banyak orang.

wedang tahu minuman untuk menghangatkan badan
Foto: Instagram/tumbarmerica

Baca juga: Mulai masuk musim hujan, makanan ini siap-siap diburu

Angsle

Biasanya penjual wedang ronde juga menjual angsle. Meski begitu, angsle dan wedang ronde termasuk dua minuman yang sangat berbeda. Dengan kuah santan mirip kolak, angsle disajikan dengan campuran petulo, roti tawar, kacang hijau, mutiara dan bahan lainnya.

angsle minuman musim hujan
Foto: Instagram/andhikazrt

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

gingerbread man

Fakta Menarik Tentang Hidangan Natal Yang Mungkin Belum Diketahui

lumpia gang lombok kuliner khas semarang

Jalan-Jalan Ke Semarang, Jangan Lupa Cicipi Kuliner Ini Deh